TANGGAMUS | Gemuruh hebat diperkirakan terjadi selama 15 menit memporak-porandakan rumah warga, akibatnya warga panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri, nampak atap-atap seng, asbes dan genteng berterbangan di udara yang diakibatkan bencana angin puting beliung sekitar pukul 19.30 WIB Dusun Peniongan, Pekon Kota Agung, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Senin (8/7/219).

Sementara itu rumah warga yang rusak diperkirakan ada 13 rumah, 3 rumah yang rusak parah milik Jonta, Bunyana dan Mardiah, kemudian tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Seperti yang diungkapkan ibu Sila, salah seorang warga yang tempat tinggalnya di terjang oleh angin puting beliung, mengatakan bahwa kejadian tersebut secara tiba-tiba menerjang beberapa rumah warga.

“Suara angin puting beliung mendengung hebat terjadi kira-kira 15 menit seperti sudah kiamat, kita berhamburan keluar rumah, atap rumah sudah berterbangan, beruntung hanya sebentar, kalau lebih dari itu kita tidak tahu lagi apa yang terjadi,”jelasnya.

Nampak ditempat terjadinya bencana Petugas Tagana, BPBD dan PMI bahu membahu membantu memperbaiki rumah warga yang terkena dampak bencana puting beliung, beruntung tidak mengakibatkan korban jiwa, namun kerugian material sedang dikaji dan diaudit oleh BPBD Kabupaten Tanggamus.

Sementara Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Tanggamus, sudah menyalurkan bahan logistik berupa makanan seperti Mi Instan, minyak goreng, susu, terpal dan air minum kemasan kepada warga yang terkena dampak bencana dan sudah dibagikan kepada warga di Balai Pekon Kota Agung, langsung oleh Kepala Pekon Suherman didampingi Sekdes dan Aparatur Pekon. Menurut kepala Pekon Suherman kerugian material diperkirakan sekitar Rp. 100 juta rupiah.

“Kami berharap supaya Pemda Tanggamus menurunkan bantuan berupa material untuk membantu memperbaiki rumah warga, sementara sebelum bantuan turun saya sudah perintahkan kepada aparatur Pekon untuk membantu warga yang terkena dampak bencana bekerja bersama-sama dengan Petugas BPBD, Tagana, PMI memperbaiki rumah warga,” ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Kasi Kedaruratan BPBD Tanggamus Halimi, saat ditemui ditempat bencana menjelaskan,

“Kami dari BPBD melakukan tanggap darurat bencana segera membantu memperbaiki rumah warga yang terkena dampak bencana, kami BPBD dan Dinas Sosial menyalurkan bantuan tanggap bencana berupa makanan siap saji, terpal dan air kemasan dan lain lain,”ungakpnya.(Rodial)

149 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here