Tulang Bawang Barat,- Dana desa adalah, dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa, yang ditransfer melalui anggaran belanja daerah kabupaten/kota. Dana ini digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat desa. Dana desa di alokasikan dari APBN berdasarkan Pasal 72 Ayat 1 Huruf b UU No 6/2014 tentang Desa.
Tujuan pemerintahan Pusat memberikan Dana Desa pada prinsipnya adalah, untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan desa melalui peningkatan pelayanan publik di desa, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan.
Sedangkan Alokasi Dana Desa adalah, anggaran keuangan yang diberikan pemerintah kepada desa, yang mana sumbernya berasal dari Bagi Hasil Pajak Daerah serta dari Dana Perimbangan Keuangan Pusat Dan Daerah yang diterima oleh kabupaten. Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 37 tahun 2007 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa di dalam Pasal 18 menyatakan bahwa, “Alokasi Dana Desa berasal dari APBD Kabupaten / Kota yang bersumber dari Dana Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten / Kota untuk desa paling sedikit 10 % (sepuluh persen).
Pengertian dan tujuan dari Program Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) tersebut diatas, telah dibuktikan dan terealisasi dengan baik pada tahun sebelumnya di Tiyuh Balam Asri, Kecamatan Way Kenanga, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Di tahun 2018 ini, Desa/Tiyuh setempat berencana akan memanfaatkan Dana Desa untuk menambah aset Desa/Tiyuh dan menambah fasilitas Desa/Tiyuh, baik dibidang pembangunan maupun di bidang pemberdayaan masyarakat Tiyuh.
Kepala Tiyuh Balam Asri, Kecamatan Way Kenanga, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Eko Hariono, Saat Di Temui Oleh SAHDAN Kepala Biro, Media Gemalampung.com. Di Balai Kampung Setempat Menjelaskan, Senin (07/05/18) menjelaskan rencana pengelolaan Dana Desa(DD) baik yang bersumber dari APBN maupun yang bersumber dari APBD Di utamakan untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat. Pembangunan tersebut telah mulai dilaksanakan sesuai permintaan warga masyarakat Tiyuh Balam Asri, Melalui Musyawarah Dibalai Kampung Setempat,
“Perencanaan Di tahun anggaran 2018 ini,  Gorong – gorong 11 Titik dari suku 1-6.
Onderlagh. dari suku 1-2. Dengan panjang 1050.M
Perbaikan lapangan 1 titik di suku 3.
Taman 1 Titik terletak di suku 3.
Pekerjaan penggalian siring manual dan di alokasikan untuk pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan, serta penambahan modal BUMT.
Dana Desa (DD) 2018 Baru Terlialisasikan 20% untuk pembangunan :
Gorong – gorong 9 Titik Terletak Di Suku 1-6
Perbaikan lapangan.
Selain untuk pembangunan fisik tersebut, Rubianto,   Sekretaris Tiyuh Balam Asri, mengatakan untuk Bidang Pemberdayaan Masyarakatan di tahap pertama ini dialokasikan bantuan untuk Karangtaruna, Seperti Bantuan Peralatan olah raga, Seragam linmas, serta Bantuan perlengkapan Posyandu.
Disisi lain, Mutakin, Selaku, Bendahara Tiyuh Balam Asri, ,  Kecamatan Way Kenanga , Kabupate. Tulang Bawang Barat, mengatakan, ” untuk kegiatan pembangunan fisik yang sumber dananya berasal dari Dana Desa (DD), harus memenuhi padat karya 30% untuk upah tenaga kerja/jasa yang di kerjakan oleh masyarakat Tiyuh Balam Asri”. Tegasnya.
“Harapan”, Eko Haryono, kepada Pemerintah Pusat maupun Daerah agar merealisasikan anggaran Dana Desa di tahun 2018 ini sepenuhnya, serta berharap program ini bisa berkelanjutan seterusnya, karena sangat bermanfaat sekali bagi seluruh Tiyuh khususnya di Kabupaten Tulang Bawang Barat, untuk menambah aset dan Fasilitas Tiyuh dibidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Tutupnya.
Selain hal tersebut, Kepala Tiyuh Balam Asri, Eko Haryono,” mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintahan Pusat dan Daerah atas terealisasinya program Dana Desa (DD) yang sangat membantu kebutuhan Tiyuh dan Pemberdayaan Masayarakat.
“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintahan Pusat  maupun Daerah, dengan adanya program Dana Desa sangat membantu untuk Fasilitas dan kebutuhan Tiyuh baik di bidang pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat dan hal ini sangat dirasakan sekali oleh masyarakat luas, dan kini pembangunan-pembangunan Di Tiyuh Balam Asri, Nampak Bagus dan Tertata. Serta Mudah-Mudahan Pembangunan Kedepan Bertambah Sesuai Dengan Harapan Dan Fungsinya”. Ungkapnya.
(sahdan)

ADV

997 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here