Gemalampung.com, Mesuji – Puluhan pemuda yang berasal dari lintas organisasi kepemudaan dan komunitas di Mesuji melakukan kegiatan penanaman pohon langka endemik asli Mesuji di Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati), Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya,
Kabupaten Mesuji, Minggu (09/04/2017).

Acara tersebut digagas oleh *Non-Government Organization (NGO*) Garuda Sylva (Garsi) yang selama ini aktif dalam gerakan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

Perwakilan NGO Garsi Mesuji, Irhandi Juanestvan mengatakan kegiatan
penanaman pohon langka ini dalam rangka menumbuhkan rasa cinta alam dan lingkungan kepada generasi muda. Dikatakannya, beberapa organisasi
perkumpulan yang ikut berpartisipasi anatar lain Karang Taruna Kabupaten
Mesuji, Pramuka, Klub Motor Beat Mesuji, dan Klub Motor CB Mesuji.
Sedangkan pohon langka yang yang ditanam diantaranya pohon kemang, meranti, kecapi gaharu merbau damar.

“Melalui kegiatan ini, kita mengingatkan kepada generasi muda bahwa beberapa Pohon Endemik Mesuji mulai langka. Siapa lagi yang akan melestarikan kalau bukan kita,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Mesuji,
Agung Subandara yang mengharapkan agar kaum muda harus berperan aktif dalam segala hal termasuk dalam hal pelestarian Lingkungan.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji, Hamdani mengatakan tujuan didirikannya Taman Kehati adalah untuk pelestarian alam. Dia mengajak masyakarat untuk berpartisipasi dalam menjaga dan merawat Taman Kehati sebagai wujud upaya dalam menjaga kelestarian alam di Kabupaten Mesuji.

“Masih ada beberapa area yang belum ditanami, masyarakat bisa ikut
berpartisipasi menanam pohon di Taman Kehati ini, tentu dengan berkoordinasi dengan pengelola terkait,” ujarnya.(Randi)

376 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here