Gemalampung.com, Mesuji – Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2017 digelar Pemerintah Kabupaten Mesuji dirangkai, Selasa (02/05/2017) dan dirangkai dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-21. Upacara dilaksanakan di Lapangan Nusa Indah, Brabasan dengan inspektur upacara adalah Pelaksana Harian (Plh) Bupati Mesuji Rizal Fauzi dan dihadiri oleh Kapolres Mesuji AKBP Purwanto Puji Sutan, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Menggala Sunardi, Danramil 426-01/Mesuji Mayor Arm I Ketut Subangga, dan diikuti oleh seluruh pegawai Pemkab Mesuji, anggota TNI dan Polri, satuan polisi pamong praja, satuan pemadam kebakaran, kepala sekolah, guru, pelajar, dan pramuka.

Dalam pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dibacakan Rizal Fauzi, menyampaikan penghargaan dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan di tanah air yang telah mengabdi dan berkorban demi kemajuan pendidikan. Lanjutnya, tema Hardiknas kali ini adalah “Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas.” Tema tersebut menurutnya terkait erat dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas semakin tinggi.

“Untuk itu, marilah kita resapi dan renungi tema tersebut, kemudian kita wujudkan bersama-sama. Dengan begitu, maka seluruh lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas. Dengan pendidikan berkualitas yang merata, dalam makna dapat dikenyam oleh seluruh warga bangsa, maka ikhtiar kita mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar 1945, dapat terwujud,” ujarnya.

Kemudian dalam amanat Menteri Dalam Negeri berkaitan dengan Hari Otonomi Daerah ke-21 Tahun 2017 menitikberatkan peningkatkan kinerja pelayanan publik melalui E-Government.

Menurutnya, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka pelayanan publik telah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang menegaskan bahwa Pemerintah Daerah dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Pemerintah Daerah harus memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Kita berharap, kinerja pelayanan publik oleh Pemerintah Daerah senantiasa meningkat dari waktu ke waktu, baik pelayanan publik untuk kepentingan warga negara maupun untuk kepentingan dunia usaha melalui pelayanan perizinan dalam rangka kemudahan berusaha, peningkatan investasi, dan peningkatan daya saing daerah,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan hadiah kepada peraih juara I Lomba Tari Kreasi Tingkat SD se-Provinsi Lampung dan peraih juara I Penyanyi Solo Tingkat SD se-Provinsi Lampung yang nantinya akan mewakili Provinsi Lampung pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Surabaya. Selain itu, juga diberikan hadiah kepada peraih juara III Lomba Baca Puisi Tingkat SD se-Provinsi Lampung, serta penyerahan hadiah satu unit mobil dari Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia Provinsi Lampung untuk Perhiptani Kabupaten Mesuji yang telah meraih juara I Asa Terampil Tingkat Provinsi Lampung. *(Randi)

589 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here