Pringsewu – Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E, M.Kom, Akt hadiri acara Khotmil Hadroh dan halal bihalal yang diselenggarakan oleh pemuda-pemudi dari Sanggar Seni Budaya Butabuh Andan Muakhi Dusun Sinar Banton Pekon Sukaratu Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu, Selasa (19/6).

Kehadiran Wakil Bupati diacara tersebut disambut masyarakat dengan arak-arakan, namun sebelum dilakukan pengarakan menuju ke lokasi acara wakil bupati dirias dengan menggunakan pakaian adat istiadat sai batin Lampung Pesisir, arak-arakan berjalan kaki dari kediaman salah satu suku adat menuju lokasi sekitar 100 meter, dengan diiringi lantunan betabuh rebana bahkan juga dengan tarian dan pencak khakot. Biasanya arak-arakan dilakukan pada saat untuk iring-iringan pengantin, penyambutan pemangku adat, bahkan tamu undangan dari pejabat pemerintahan atau acara adat lainnya.

Turut hadir juga dalam acara Anggota DPRD Kabupaten Pringsewu Junianto, Ketua Karang Taruna yang diwakili Iswahyudi Joko Pramono, Danramil Kecamatan Pagelaran, Koptu Marinir Bambang Irawan, Suntan Raja Hukum Kepala Adat Pekon Sukajadi Kecamatan Pugung kabupaten Tanggamus, Dalom Pelita Marga Sinar Banton, Dalom Bina Marga Kebandaran Sukaratu, Dalom Mangku Bandar Kepala adat dusun Sinar Baru Pekon Sukaratu, Dalom Pengikhan Kepala adat Pekon Sukawangi serta tamu undangan dari beberapa sanggar seni dari Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Tanggamus.

Ardabili selaku ketua pelaksana kegiatan acara mengucapkan sangat berterima kasih dan menjadi suatu kebanggaan kepada Wakil Bupati serta undangan yang lainnya dalam hal ini sudah bisa meluangkan waktunya untuk memenuhi undangan pada acara Khotmil Hadroh dan halal bihalal dipekon Sukaratu.

“Pesannya dari anak-anak sanggar Andan Muakhi kalau setiap acara dari pemerintah Kabupaten siap untuk membantu,juga berharap agar mendapat peluang dan mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah untuk melestarikan budaya seni adat Lampung khususnya adat Lampung Pesisir yang ada di kabupaten Pringsewu ini” pungkasnya Ardabili.

Arbain Ketua Sanggar Andan Muakhi dalam sambutannya menyampaikan, terselenggaranya kegiatan hari ini bukan semata-mata atas keinginan dari muli-mekhanai saja melainkan dukungan dan dorongan penuh dari masyarakat yang ada didusun sinar Banton dan kerjasama seluruh panitia. Lanjutnya Arbain, dalam hal ini pengurus untuk mengadakan kegiatan ini tidak mudah seperti membalikan telapak tangan, tanpa ada musyawarah dengan masyarakat dan pemuda-pemudi yang ada di sinar Banton.

“Acara ini bisa terselenggara atas dukungan dan suport dari berbagai kalangan, baik itu dari tenaga bahkan materinya, dana acara ini di dapat dari swadaya masyarakat juga dari para donatur yang budiman. Kami pengurus berharap terhadap pak wakil bupati untuk bisa memberikan dukungannya terhadap sanggar Andan Muakhi agar lebih hidup untuk melestarikan budaya seni adat lampung”tegasnya Arbain.

Wakil Bupati Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom, Akt dalam sambutannya, mengapresiasi penuh terhadap pemuda pemudi sanggar yang mana telah melaksanakan kegiatan tersebut tanpa campur tangan dari pemerintah. Dengan terciptanya keinginan dari masyarakat untuk terus melestarikan budaya seni adat Lampung, maka pemerintah akan selalu mendukung penuh hal tersebut.

“Dengan melestarikan budaya seni adat Lampung pesisir bisa mempersatukan baik adat dari Kabupaten Pringsewu bahkan dari dengan kabupaten lain, supaya adat budaya lampung yang kita miliki tidak hilang dan juga bisa menjaganya, kedepan sanggar-sanggar seni yang ada di kabupaten Pringsewu lebih hidup dan aktif kembali, pastinya Pemerintah daerah kabupaten Pringsewu tentunya akan terus ikut berperan bagaimana caranya untuk melestarikan budaya adat istiadat Lampung pesisir”imbuhnya Fauzi.(VJ)

 

1,620 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here