GemalampungNews.com, Pringsewu – Enam perwakilan kedutaan besar (Kedubes), umumnya mengaku terkesan dengan potensi dan keramahan masyarakat pringsewu.

Hal itu seperti diungkapkan Perwakilan dari Kedubes Iraq, Abdullah Hasan Saleh Alawr. Ia mengaku, keamanan dan kenyamanan yang ia rasakan mulai dari Bandara Raden Inten II hingga tiba di Kota Pringsewu, membuatnya punya penilaian berbeda akan pringsewu.

Hasan Saleh juga mengaku cukup simpatik dengan Bupati Pringsewu Hi.Sujadi yang cakap dalam berbahasa arab.

“Saya seperti berada di rumah sendiri, saat diajak berbincang dalam bahasa arab. Bahkan, ada warga yang saat acara di lapangan kuncup, mengajak saya berbincang dalam bahasa arab,” ungkap Hasan Saleh saat konfrensi pers di lantai I Hotel UrbanStyle by Front One, Jumat (30/03).

Berbeda dengan apa yang diungkapkan H.E. Slobondan Marinkonvic, perwakilan dari Kedubes Serbia. Ia berjanji akan mengirimkan pelajar asal Serbia guna belajar di Pringsewu.

“Meski Pringsewu ini merupakan kota kecil, tapi potensinya cukup luar biasa. Dan saya sangat terkesan dengan karnaval budaya tadi, dan akan selalu saya ingat selamanya,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan Kedubes  Oman, Anwar Ahmed M Muqaibal, mengatakan dirinya akan berusaha bercerita tentang pringsewu, dari apa yang ia lihat, rasakan dan dapat selama dua hari singgah di pringsewu.“Saya akan ajak orang-orang kedubes Oman untuk datang ke pringsewu dan menjalin kerja sama di bidang ekonomi,” ucapnya.

Sebaliknya, Carel de Groot, Perwakilan dari Kedubes Belanda mengaku cukup beruntung dibandingkan dengan duta besar lainnya yang datang ke pringsewu.

“Saya sudah terlebih dahulu singgah di lampung yakni lampung selatan berkaitan dengan kunjungan program sanitasi desa disana sehari sebelum temen-temen dari Kedubes tiba di pringsewu. Saya sempat keliling bandarlanpung dan selanjutnya, saya langsung ke pringsewu ini,” terangnya.

Carel juga menyatakan, dalama waktu dekat, ia akan mengajak istri dan keluarga untuk kembali mengunjungi pringsewu lampung.“Saya berharap, pohon yang sudah ditanam tadi bisa dijaga kelestariannya,” pintanya.

Berbeda dengan kesan yang didapat dari perwakil Kedubes Uzbekistan, Mahmud Tohtiev. Menurut dia, Pringsewu tidak hanya kaya akan agriculture seperti informasi yang ia dapat dan ketahui dari media sosial.

“Ternyata, selain agriculture, masyarakat di pringsewu ini cukup ramah. Saya akan meminta Duta Besar Uzbekistan untuk datang langsung ke pringsewu ini,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pringsewu Hi Sujadi berharap, para perwakilan duta besar yang sudah datang bisa mempromosikan pringsewu di negaranya masing-masing.“Saya berharap, mereka bisa mempromosikan pringsewu, sekembalinya mereka,” imbuhnya.(VJ)

635 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here