GemalampungNews.com, Pringsewu -Permasalahan Pelayanan Sosial Dasar (PSD) yang ada di desa sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang belum terselesaikan dan terealisasi. Soal pelayanan sosial Dasar menjadi salah satu indikator utama dalam mendeteksi kemiskinan yang terjadi di Desa seluruh Indonesia.

Menanggapi masalah tersebut,  Konsultan Pengawas Wilayah (KPW) Provinsi Lampung, Tenaga Ahli Madya Pelayanan Sosial Dasar (TAM-PSD) Khoirul Anwar. M.Pd.I, saat melakukan kunjungannya di Pekon Waringinsari Timur Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu yang didampingi TA Kabupaten Pringsewu Beny Indragustian, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Adiluwih dan Pendamping Lokal Desa (PLD), menjelaskan bahwa dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sosial dasar yang dibutuhkan masyarakat Pekon (Desa).

Dalam kunjungan Pendamping Profesional tersebut yang diterima langsung oleh Aparatur Pekon Waringinsari Timur. Khoirul Anwar menjelaskan bahwa Pemerintah Pekon mempunyai wewenang untuk menggunakan dana desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. Oleh karenanya, proses dan prosedur dalam penggunaan dana desa perlu diatur dalam permen. Khususnya Pekon Waringinsari Timur saat ini dilihat pada indeks desa mandiri (IDM) masih tetap pada status Berkembang, jadi lebih ditingkatkan pada proses pemanfaatan dan kebutuhan masyarakatnya.

“Diharapkan pekon Waringinsari Timur dalam mengelola Dana Desa kedepannya harus mengutamakan kebutuhan dasar masyarakatnya, seperti hal pada bidang pendidikan dan kesehatan yang pada regulasinya bisa menggunakan dana desa, juga Pekon harus ada pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dikelola oleh masyarakatnya dengan cara musyawarah, adanya Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes), serta mengadakan pelatihan-pelatihan seni Budaya lokal lainnya “pungkasnya Khoirul.

Selain itu Khoirul Anwar juga berpesan pada Pendampingan Lokal Desa khususnya dalam hal ini bertugas mendampingi Pekon Waringinsari Timur, agar untuk mengawal kedepannya bisa direalisasikan apa saja Pelayanan Sosial Dasar yang belum ada dipekon tersebut.

Toha Madsun Sekretaris Pekon Waringinsari Timur mengucapkan terimakasih terhadap TAM-PSD, TA Kabupaten Pringsewu serta PDP Kecamatan dan PLD telah memberikan beberapa masukan dan sarannya terkait pada perkembangan Pekon Waringinsari Timur.

“Atas nama Pekon Waringinsari Timur sangat perlunya saran dan bimbingannya untuk lebih bisa membangun pekon serta memberdayakan masyarakatnya, selagi apa yang kami lakukan tidak berbenturan dengan aturan yang sudah ditentukan, harapannya, adanya pendamping bisa selalu bersinergi dengan pemerintah Pekon dalam menjalankan amanah”ucapnya Toha.(VJ)

1,131 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here