BREAKING

Sabtu, April 13, 2024
BERITA TERKINIHukum dan KriminalLAMPUNGTulang Bawang

4 Bulan Ditahan Diduga Kurir Narkoba Dikeluarkan Polres Tulang Bawang

Gemalampung.com | Fakta, Akurat Dan Terpercaya

TULANG BAWANG – Penyergapan Kurir narkoba oleh di wilayah hukum Polres Tulang Bawang Provinsi Lampung, yang berlokasi, di jembatan tol arah keluar tol Menggala yang pada saat itu, didapati 2 kantong sabu-sabu dikantong pelaku. Yang di lansir dari Liputan 6 Lampung SCTV terbitannya 1 Maret 2023

Kurir itu, bernama Muhtar asal warga Lampung Tengah, yang pada saat itu pelaku mengaku hendak mengantarkan narkoba kepada warga Tulang Bawang atas perintah bandar.

Muhtar mengaku, dirinya  menjadi kurir baru satu bulan, dan ia membawa barang tersebut tidak nentu, terkadang setengah kantong bisa satu kantong, sekali ia mengirim di upah 500.000 perkantong.

Saya baru satu bulan menjadi kurir, dan kadang gak nentu yang saya anter, kadang setengah kantong kadang satu kantong, dengan upah 500 perkantong” ucap Muhtar saat di wawancara.

Sementara itu, AKP Aris Satrio Sujatmiko, Kasat Narkoba Polres Tulang Bawang, mengatakan pelaku tidak ada perlawanan saat di lakukan penangkapan dan ia akan mendalami karena ia menduga pelaku tersebut antar kabupaten.

Baca Juga :  Pembukaan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2018

Dan saat itu polisi, mengamankan narkoba dan mobil pelaku, dan pada saat itu polisi, sudah mengetahui pengedar tersebut yaitu Rizal yang dimana telah di ketahui keberadaannya.

Namun setelah demikian kejadian itu terjadi, terdengar terdengar kabar, pelaku yang di tangkap yang diduga kurir narkoba itu, sudah di lepaskan pada tanggal 04 Juli 2023, dari hasil pantauan awak media ini, dari keterangan beberpa informasi yang di himpun.

Kemudian, guna mengecek kebenaran tersebut  kasat narkoba Polres Tulang Bawang AKP Aris Satrio Sujatmiko, membenarnya tahanan itu di lepaskan, karena tidak bisa P21.

Bukan tidak terima pak, tetapi tidak mau P21 pak,” jawab Kasat Narkoba melalui via watshap.

Mendengar kronologi seperti itu,  Ketua DPD LSM Pijar Keadilan Fahrudin angkat bicara, kalau pelaku tersebut tidak memenuhi unsur hukum terkait dengan tindakannya membawa narkoba, disaat penangkapan pelaku tersebut sudah mengaku kalau dia kurir narkoba antar Kabupaten, apalagi Kasat Narkoba AKP Aris Satrio Sujatmiko, membenarkan kalau pelaku tersebut Kurir.

Baca Juga :  Peringati Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke 59, Kejari Pringsewu Gelar Beberapa Kegiatan

”Tidak ada alasana Kejaksaan Negeri Menggala tidak menerima P21 yang di berikan oleh pihak penyedik narkoba Polres Tulang Bawang, karena banyak proses yang harus di lalui terlebih dahulu, 7 hari penyidik harus memberikan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Negeri Menggala. Ada apa dengan oknum Kejaksaan Negeri Menggala menolak P21 dari Penyedik Narkoba Polres Tuba,”terang Fahrudin. 31 Agustus 2023

Lanjut Fahrudin, bagi orang yang menjadi kurir narkoba berdasarkan Undang-undang Narkoba pasal 115  ayat (1) dipenjara 4 s/d 12 tahun.

“Kalau berdasarkan alat bukti yang ada dan pengakuan yang telah dituangkang di BAP oleh penyidik, pelaku tidak layak untuk di keluarkan oleh penyidik Narkoba Polres Tulang Bawang,”kecam Fahrudin. (Heri Ali)

Loading

Bagaimana tanggapan anda?

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *