Jumat, Mei 24, 2024
Berita IndonesiaBerita Media GlobalBerita NasionalKota MetroMetro

Babinsa Kodim 0411 Melakukan Tindakan Preventif Guna Mencegah Tawuran Antar Warga

Kota Metro-Babinsa Kodim 0411/KM dan Bhabinkamtibmas Polsek Kalirejo melakukan tindakan preventif guna mencegah terjadinya tawuran antara remaja Kecamatan Sendang Agung dengan Remaja Kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lamteng. Kamis malam (30/03/2023)
Bermula dari adanya laporan salah satu warga binaan di Kampung Sendang Mukti kepada Babinsa Koramil 411-15/Kalirejo Sertu Een Setiyono tentang melintasnya konvoi kendaraan roda dua oleh sekitar 100 orang remaja yang disinyalir dari arah Kampung Payung Dadi Kecamatan Pubian menuju Kampung Sendang Asri Kecamatan.Sendang Agung.
Mendapatkan informasi tersebut Sertu Een Setiyono berkoordinasi bersama Anggota Polsek Kalirejo dan langsung menuju Kampung Sendang Asri, Setibanya di perbatasan Kampung Sendang Asri dan Kampung Sendang Mukti terlihat para remaja tersebut berhamburan melarikan diri saat melihat kehadiran Babinsa dan Bhabinkamtibmas.
Dengan sigap, rombongan langsung mengamankan 10 remaja yang kedapatan mencurigakan antara lain (Il) 16 th warga Kampung Surabaya Kecamatan Padang Ratu, (Hd) 17 th warga Kampung Margorejo Kecamatan Padang Ratu, (Riz) 16 th warga Kampung Sendang Rejo Kecamatan Sendang Agung, (Nik) 15 th warga Kampung Banjarsari Kecamatan Padang Ratu, (Ab) 16 th warga Banjarsari, (Fik) 15 th warga Kampung Banjarsari, (Dim) 17 th warga Kampung Banjarsari, (Rez) 16 th warga Kampung Banjarsari, (Dik) 17 th warga Kampung Banjarsari dan (Der) 17 th warga Kampung Banjarsari untuk dibawa ke Polsek Kalirejo.
Dari keterangan 10 remaja yang diamankan di Polsek Kalirejo didapatkan keterangan bahwa disinyalir remaja antar kampung tersebut akan melakukan tawuran dipicu oleh tindakan saling ejek melalui media sosial.
Saat ini 5 buah HP, 1 buah pisau dan 6 helai sarung dengan batu diikatkan didalamnya disita untuk pendalaman lebih lanjut oleh Anggota Polsek Kalirejo.
Untuk mencegah berkembangnya kejadian yang lebih meluas, Polsek Kalirejo dan Koramil 15/KR melakukan tindakan diantaranya melokalisir tempat kejadian agar tidak meluas, mendata pelaku tawuran, melaporkan kepada Komando Atas, berkoodlrdinasi bersama Anggota Polsek Kalirejo untuk kegiatan pembinaan dan memberitahukan kepada orang tua dari masing-masing remaja tersebut
Mendapatkan laporan perkembangan wilayah binaan, Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. segera memerintahkan Danramil 411-15/KR agar memonitor perkembangan selanjutnya dan lapor cepat pada kesempatan pertama.
“Menjelang atau mendekati hari Raya Idul Fitri, kemungkinan-kemungkinan terjadinya potensi yang berupa hal-hal merugikan masyarakat disinyalir bisa saja akan semakin meningkat. Contohnya kerawanan terjadinya kebakaran rumah, pencurian, perampokan, pembegalan, tawuran antar pemuda ataupun bentrokan antar warga,” ucap Dandim.
“Kejadian-kejadian tersebut akan bisa diantisipasi secara dini dengan meningkatkan aktifnya naluri Lima Kemampuan Teritorial para Perwira, Danramil serta anggotanya masing-masing di wulayah binaan,” tegasnya.
Selanjutnya Dandim 0411/KM memberikan penekan kepada Danramil dan Babinsa jajaran agar melaksanakan kegiatan-kegiatan preventif diantaranya.
“Laksanakan patroli, baik internal Koramil maupun bersinergis bersama Aparatur Kepolisian, Satpol PP maupun Linmas di masing-masing wilayah binaan,” perintah Dandim.
“Para Babinsa senantiasa mengecek wilayah/desa binaanya. Manfaatkan jaring Mitra Ter dengan sebaik-baiknya. Sehingga tercipta deteksi dini dan cegah dini yang optimal, selanjutnya lapor cepat kepada atasan/pimpinan masing-masing pada kesempatan pertama,” tambahnya.
“Ciptakan rasa aman dan nyaman di masyarakat dengan kehadiran Babinsa di tengah-tengah mereka. Bahkan hadirnya Babinsa itu sangat dinantikan oleh warga dan masyarakat binaan, dan yang terakhir Jaga faktor keamanan masing-masing personel.” pungkasnya. (***)

Loading

Bagaimana tanggapan anda?

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *