BREAKING

Sabtu, April 20, 2024
Kota MetroLAMPUNG

Bahas Beberapa Potensi Sosial Budaya, Kecamatan Metro Selatan Gelar Musrenbang

Pemerintah Kota Metro kembali melanjutkan agenda musyawarah perencanaan dan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang mana kali ini Kecamatan Metro Selatan, Senin (26/02/2024).

Mengusung tema penguatan pembangunan sumber daya manusia untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, berbudaya dan berakhlak mulia ini turut dihadiri anggota DPRD, para Staf Ahli, para Asisten setda, para Kepala OPD, Camat Metro Selatan, dan seluruh Lurah di Kecamatan Metro Selatan.

Dalam kesempatan ini Camat Metro Selatan, Fajar Riatama memaparkan laporan terkait luas wilayah Kecamatan Metro Selatan dengan luas 14,33 km2 dan jumlah penduduk mencapai 18.377 Jiwa serta jumlah KK sebanyak 6.043.

Ia juga mengatakan bahwa untuk menginovasi mengakselerasi percepatan pelayanan masyarakat Kecamatan Metro selatan mempunyai program yaitu sistem pelayanan kendaraan keliling (Si-Keling) dimana program ini menjadi program unggulan dimana masyarakat tak perlu lagi datang ke kantor untuk mengurus perizinan.

“Untuk mendukung program ini seluruh kendaraan Dinas (randis) Lurah yang ada di Kecamatan Metro Selatan digunakan untuk percepatan pelayanan masyarakat dimana masyarakat tak perlu lagi datang ke kantor Kelurahan setempat tetapi cukup menggunakan Whatsapp (WA) center di masing-masing Kelurahan,” ujarnya.

Baca Juga :  Sat Lantas Polres Lampung Barat Menyambut Kunjungan TK Mazayatun Insaan

“Masyarakat cukup WA saja di nomor yang tertera di kelurahan masing-masing nanti petugas staff kami yang akan menghampiri di rumah, dan kami pastikan pelayanan administrasi akan kami layani dengan baik,” kata Fajar.

Sementara itu Fajar juga menjelaskan untuk realisasi pajak bumi dan bangunan (PBB) Kecamatan Metro Selatan tahun 2023 mencapai 91,63% hal ini menunjukkan Kecamatan Metro selatan mengalami kenaikan PBB yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya 71,6%.

“Kesadaran warga penting PBB terus meningkat, ini semua hasil kerja kita semua berkat komunikasi dan koordinasi serta kolaborasi segenap warga Metro Selatan dan juga lurah. Karena pajak sejatinya adalah kewajiban yang harus dan segera di tunaikan,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama Walikota Metro Dr. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG(k), M.H. mengatakan beberapa waktu lalu Pemkot telah melaksanakan Musrenbang Kelurahan dengan didampingi oleh Bappeda dan beberapa dinas teknis. dari sini pihaknya telah memperoleh daftar prioritas Musrenbang Kelurahan yang akan kita susun kembali menjadi daftar prioritas Kecamatan. Selanjutnya, hasil Musrenbang Kecamatan akan di bawa dalam Forum Perangkat Daerah untuk didiskusikan dan direncanakan dalam Renja OPD Tahun 2025.

Baca Juga :  Wah..!!! Diduga Wakil Ketua DPRD Mesuji Lecehkan FP-KM Metro Di Medsos

“Tentunya kita harus benar-benar menyusun prioritas usulan sesuai kebutuhan masyarakat. Jika merujuk pada kebijakan nasional, pemerintah pusat masih memfokuskan pada sektor pemulihan ekonomi nasional dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Untuk itu, marilah kita bersama-sama merumuskan prioritas secara objektif,” katanya.

“Saya meminta kepada para Camat dan Lurah untuk ikut berdiskusi secara langsung dengan perwakilan masyarakat guna penajaman dan kesepakatan atas usulan,” tambahnya.

sementara itu untuk musrenbang tahun ini pihaknya telah menargetkan empat Prioritas Pembangunan yaitu Pembangunan Sumber daya Manusia, Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi, Pengembangan Infrastruktur, Sarana dan Prasarana Yang Berkesinambungan, dan juga Transformasi Birokrasi.

“Saya berharap pada musrenbang kecamatan ini akan menghasilkan prioritas pembangunan yang merupakan isu-isu prioritas yang melibatkan lintas kelurahan pada kecamatan dan keterhubungan prioritas pembangunan antar kelurahan sehingga pembangunan berkelanjutanakan tercapai,” katanya. (Adv)

Loading

Bagaimana tanggapan anda?

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *