Gemalampung.com | Fakta,Akurat Dan Terpercaya
WAY KANAN | Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya dengan resmi buka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pertanian, di Hotel Sinar Kampung Bumiratu, Kecamatan Blambangan Umpu, Kamis (5/3/2020).
Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang Pertanian ini merupakan wahana bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan aspirasi masyarakat, khususnya di bidang pertanian.
Lanjut orang nomor 1 Way Kanan, musrenbang itu di laksanakan berdasarkan UU No. 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional dan UU No. 23 Tahun 2014 sebagaimana telah di ubah dengan UU No. 9 Tahun 2015 tentang Pemerintah Daerah yang memberikan kewenangan yang semakin besar kepada daerah untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.
“Sesuai dengan amanat undang-undang maka kita harus memiliki jiwa yang tegar untuk membangun daeeah dari sisi pertanian,” jelasnya.
Menurut dia, penyelenggaraan Musrenbang terkait dengan Pertanian ini mempunyai arti penting dan strategis dalam rangka mencari masukan guna menyusun perencanaan pembangunan pertanian tahun anggaran 2021 untuk pencapai visi, misi, tujuan dan sasaran program seperti yang telah tertuang dalam RENSTRA Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Waykanan Tahun 2016-2021.
“Berdasarkan visi misi kita, marilah kita bekerja dengan hati, pertanian merupakan salah satu pintu masuknya sektor perekonomian,” paparnya.
Sementara itu, kiranya dapat dilakukan sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan di bidang pertanian, dan pendanaannya mulai dari APBN, APBD dan APBK, akan menghasilkan suatu perencanaan yang berkualitas, transparan dan akuntabel dan itu akan berjalan di tahun anggaran 2021 mendatang.
“Pembangunan di Kabupaten Waykanan kini sudah berjalan 21 tahun, dan di tahun 2021 itu anggarannya terfokus pada pembangunan Infrastruktur yang mendorong pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial budaya serta lingkungan, sehingga itu, di bidang ekonomi kita harus mengembangkan produk unggulan daerah yang memiliki nilai ekonomis tinggi untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.
“Hal ini seperti yang tertuang dalam misi keempat Pemerintah Kabupaten Waykanan, yaitu revitalisasi kebijakan pertanian dalam rangka meningkatkan produktivitas dan nilai tambah hasil pertanian melalui pengembangan produk unggulan daerah,” paparnya.

Penulis : (Yudi)

 574 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here