BANDAR LAMPUNG | Ketua Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Pringsewu Ahmad Fijayyudin mengatakan, program kerja IWO Pringsewu di tahun 2021 adalah mengadakan uji kompetensi wartawan (UKW).
“Pelaksanaan UKW ini adalah sebagai bentuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dari anggota IWO Pringsewu,” ungkapnya saat Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) ke-I Pengurus Daerah Provinsi Lampung, Jumat (27/11/2020).
Sehingga, lanjut dia, IWO nantinya bisa menciptakan jurnalis yang memang berkompeten dan menguasai bidangnya. Karena wartawan menjadi pembentuk opini publik.
“Seperti yang kita ketahui, saat ini di daerah-daerah banyak yang memanfaatkan status wartawannya untuk mencari keuntungan langsung, menggunakan berita untuk mengintimidasi atau memeras pihak tertentu,” tambahnya.
Untuk itu, kata Fijay, di tahun 2021, IWO Pringsewu akan kejar target melaksanakan UKW sehingga bisa menciptakan wartawan yang profesional.
“Memiliki kesadaran etik, berkesadaran hukum, berwawasan, lalu memiliki pengetahuan dan ketrampilan, sehingga karya jurnalistiknya mencerahkan, memberi inspirasi, dan sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik. Dan ini hanya bisa diperoleh melalui pendidikan dan diakhiri dengan uji kompetensi,” pungkasnya.
Diketahui, pada Rakerwil PW IWO ke-1 ini juga dihadiri oleh Jajaran Pengurus PP IWO.
Acara Rakerwil ini berlangsung selama dua hari yang akan dilanjutkan denga gathering dari tanggal 27-28 November 2020 di Aula Marcopolo Hotel.
Penulis : (Red)

 128 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here