PESAWARAN | Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesawaran mencapai kinerja yang maksimal dalam pelayanan administrasi masyarakat melalui program jemput bola.

Kadisdukcapil Ketut Partayasa dalam rapat koordinasi jajaran di Pemkab setempat memaparkan, terkait mudahnya mengurus administrasi kependudukan melalui program jemput bola.

“Program jemput bola ini merupakan program yang melayani administrasi masyarakat langsung hingga ke desa-desa,” kata Ketut, Senin (22/2).

Di tengah pemaparan tersebut, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyebut kata “Mantap” hal ini karena Bupati terkesima denggan pemaparan Kadis Disdukcapil mengenai program jemput bola.

Baca Juga :  Pelaksanaan Musrenbang Kampung Adi Jaya tetap Patuhi Prokes

Kepala Disdukcapil Ketut Partayasa saat di wawancarai di ruang kerjanya, menjelaskan bahwa program jemput bola sudah sesuai dengan program 14 langkah Bupati Pesawaran.

“Dengan adanya program jemput bola ini mempercepat pelayanan, mengurangi tatap muka dan memotong rantai untuk peluang pungli,” ujarnya.

Disdukcapil Pesawaran mendapat persentase 119, 08 persen dari Dirjen Capil, hal ini dikarenakan strategi pelayanan jemput bola sangat efektif untuk melayani administrasi masyarakat dan juga dukungan penuh dari Bupati Pesawaran.

Saat ini Kabupaten Pesawaran masuk ke dalam empat besar cakupan rekapan KTP-El seluruh Indonesia dari 514 kabupaten/kota dan tertinggi nomor satu di Provinsi Lampung.

Baca Juga :  Kejari Pringsewu gelar Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Jaksa Mita Nesthesia Hasibuan, S.H., ke Jaksa Tri Yulianto Satyadi, S.H.

“Saat ini untuk mempercepat pelayanan dan untuk mengikuti kebijakan dari pusat, pelayanan dilaksanakan secara online,” jelasnya.

Diketahui, sesuai dengan kebijakan dari pusat yang menerangkan bahwa dokumen administrasi seluruhnya menggunakan kertas HVS putih berukuran A4 kecuali KTP dan KIP hal ini juga mempermudah proses administrasi masyarakat.

“Data yang dikirim oleh masyarakat melalui WhatsApp atau Instagram akan segera di proses serta dikirimkan Pdf nya yang bisa di print kapan saja dan dimana saja,” pungkasnya.

Penulis : (Nurul Ikhwan)

 50 total views,  1 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here