TULANG BAWANG | Hernan Tori dengan ide cemerlangnya membuat buku menuju Indonesia demokrasi Terbitnya buku berjudul “Menuju Demokrasi Indonesia Berkualitas” menjadi semangat baru dan pendidikan baik untuk demokrasi di Indonesia.

Buku karya seorang anggota komisioner KPU Tulang Bawang Hernan Tori SIP.,MH, itu diterbitlan oleh Pustaka LaBRAK mulai pada cetakan I Februari 2018 dan cetakan II Juni 2018.

Karya penulis lepas pada surat kabar harian ternama di Lampung itu, turut mengungkap tabir demokrasi dalam panggung sejarah politik modern Indonesia.

Buku Menuju Demokrasi Indonesia Berkualitas terdiri dari 192 halaman dalam daftar isi. Terdiri dari kata pengantar, daftar isi, daftar pustaka dan tentang penulis. Kini mulai beredar sekira 400 buku.

Sebelumnya, penulis yang saat ini berdomisili di Daerah berjuluk sai bumi nengah nyappur itu juga telah menulis buku berjudul Sejarah Tulang Bawang.

Menarik untuk dibaca tentang isi buku Menuju Demokrasi Indonesia Berkualitas karya alumni Fisip Universitas Lampung 2003 ini, yang mengulas Indonesia di Pusaran Dunia, Demokrasi dan Pemilu, Dinamika Penyelenggara Pemilu, Parpol dan Kualitas Demokrasi, dan Proyeksi Pemilu, Parpol, dan Demokrasi Indonesia.

Baca Juga :  Bersih-bersih Pantai, Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Dikutip dari kata pengantar buku itu, buku sederhana ini tidak mengungkap secara esensial tentang penyelenggaraan pemilu. Namun, buku ini mengaktualisasikan pemilu sebagai unsur penting bagi terjaga dan terwujudnya kualitas demokrasi.

Karena era satu dan era lainnya selalu berbeda, maka pemilu yang seharusnya menjadi sarana demokrasi politik pada kenyataannya terjebak pada otoritarianisme. Ini setidaknya terjadi sejak pemilu 1972 sampai pemilu 1997.

Memasuki babak baru panggung politik di era reformasi, barulah terasa pemilu seakan merefleksikan sarana demokrasi. Namun demikian, sebagaimana diungkap dalam buku ini karena ketidaksiapan parpol dan para kadernya, maka yang muncul dipermukaan adalah sarat dengan deviasi (penyimpangan).

Penyimpangan tersebut berupa politik uang, kecurangan parpol dan kadernya, serta tak luput pula ketidaksiapan dan ketidaksigapan penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu.

Baca Juga :  Merasa Resah Adanya Judi Koprok, Via Wattshap Warga Banyu Urip Lapor ke Wabup Pringsewu

Buku berjudul Menuju Demokrasi Indonesia Berkualitas sesungguhnya hendak mengidentifikasi bagaimana upaya kita bersama untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia. Kata “upaya bersama” tersebut tentu saja melibatkan institusi yang berkompeten dibidangnya.

Itu pula sebabnya, satu persatu institusi tersebut diulas sesuai standarisasi masing-masing. Selain pemaparan soal pemilu, diangkat pula lembaga dan perundang-undangan yang berkaitan erat dengan penyelenggaraan pesta demokrasi. Itu kemudian dipertautkan dengan pembahasan tentang regulasi, mekanisme, dan institusi yang menyelenggarakan pesta demokrasi.

Dalam simpul-simpul yang lebih strategis, melalui buku ini penulis menekankan agar pandangan terhadap pemilu, parpol dan kualitas demokrasi lebih bertitik tolak pada rasionalitas keilmuan, dalam artian wilayah satu dan lainnya saling kait-mengait.

Penulis berharap, lahirnya buku ini bagaikan lahirnya bayi sehat yang mampu tumbuh dan berkembang untuk menyegarkan dan merangsang ide-ide cemerlang dari pembaca. (randi)

 2,740 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here