LAMPUNG BARAT | Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi), menggelar peringatN satu dasawarsa di hari ulang tahunnya.

Dalam celebrating anniversary yang ke-10 ini, bertemakan “Celebrating Anniversary 10 Tahun Desa Wisata Bangkit. Hal ini dikatakan oleh Ketua Umum Asidewi Andi Yuwono.

Andi mengatakan, Asidewi melakukan serangkaian acara keliling nusantara dimulai dari Kampung Kopi Rigis di Pekon Rigis Jaya, Kamis (11/3/2021) lalu.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kadisporapar Kabupaten Lambar Tri Umaryani, peratin dan beberapa Pokdarwis yang pegiat wisata yang ada di kabupaten setempat.

Dalam kunjungannya, Asidewi diajak berkeliling kerumah produksi hasil pertanian unggulan yaitu kopi robusta yang dikelola langsung oleh petani.

Baca Juga :  Wabup Pesisir Barat Resmi Tutup MTQ Ke-VII

Selain itu, Asidewi juga diajak berkunjung ke beberapa destinasi wisata yang ada di Lampung Barat. Setelah dari Kampung Kopi Rigis Jaya, tim Asidewi berkunjung ke Temiangan Hill di pekon Tri Mulyo dan diakhiri dengan menikmati sensasi arung jeram di Besay Rafting di Pekon Suka Jaya melintasi 12 kilometer hutan kopi.

“Peran aktif masyarakat dan semua elemen sangat diperlukan untuk mewujudkan desa wisata, pemetaan potensi wisata, branding dan pembuatan paket yang menarik yang atraktif, serta managemen wisata yang yang baik adalah kunci utama dalam mewujudkan desa wisata,” kata Andi.

Selain itu ia juga mengatakan, beberapa pekon dan destinasi wisata dapat menumbuh kembangkan semangat pariwisata desa.

Baca Juga :  Paripurna DPRD Tuba Bahas Peraturan DPRD Tentang Tatib

“Dan potensi yang dimiliki dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pariwisata desa, dari spirit kearifan lokal, menuju desa wisata hebat bangsa bermartabat,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Way Besay Rafting Arif Gunawan mengucapkan terima kasih kepada tim Asidewi sudah meluangkan waktu berkunjung dan ber arung jeram di Way Besay.

“Selamat ulang tahun Asidewi ke 10, semoga makin membumi, dan menjadi inspirasi seluruh desa wisata, dan membangkitkan desa wisata untuk mensejahterakan ekonomi masyarakat desa. Celebrating anniversary 10 tahun desa wisata bangkit,” pungkasnya.

Penulis : (Yudi)

 106 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here