Giani Putri Arif terpilih menjadi Duta Batik dalam acara pemilihan Duta Batik Lampung di Swiss Belhotel, Bandar Lampung, Senin (1/5).

Gemalampung.com, Bandar Lampung – Tapis Lampung merupakan kain berhiaskan keindahan sulaman motif khas dengan benang emas diagendakan kembali mewakili Indonesia dalam kontes fashion internasional. Pencarian duta batik dilakukan di berbagai daerah

“Saya akan membawa lima orang duta batik ke Bulgaria. Saya ingin salah satunya dari Lampung. Karena saya ini asli Lampung. Dalam darah saya mengalir darah Lampung. Jadi saya ingin berbuat sesuatu untuk daerah ini,” kata Direktur Mentari Enterprise yang sekaligus penyelenggara acara Pemilihan Duta Batik Lampung, Martini Suarsa, dalam pemilihan Duta Batik Lampung di Swiss-Belhotel, Bandar Lampung, Senin (1/5).

Baca Juga :  Bupati Pesawaran Apresiasi Pembangunan Ketahanan Pangan Brigif 4 Marinir
Kostum “tale of siger crown” terinspirasi dari legenda mahkota Lampung menemani Elvira Devinamira di ajang Miss Universe 2014. (Dok.)

Selain itu, Martini mengaku dalam pemilihan duta batik lampung bukan dinilai dari segi fisik. “Pemenang duta batik lampung dinilai lebih kepada pengetahuanya tentang batik,” ujarnya. Menurut dia, Giani Putri Arif yang memenangkan kontes duta batik lampung harus menyosialisasikan batik ke masyarakat luas di luar. Ia juga berharap masyarakat juga ikut memperkenalkan batik. “Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan mengenalkan batik,” kata dia.

Pergelaran Parade Lampung Culture dan Tapis Carnival IV bertajuk The Legends and Glories of Lampung Culture, rangkaian puncak Festival Krakatau 2014.

Desainer kondang nasional, Ivan Gunawan, juga memuji tapis lampung yang dinilainya memiliki nilai keindahan. “Saya juga memiliki kisah tentang Lampung. Saya juga sudah mengenal Lampung melalui tapis lampung yang sangat bagus,” kata Ivan yang hadir sebagai juri.

Baca Juga :  Andy Surya Prihatin Bencana Banjir yang Menimpa Metro Pusat

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lampung Budhiarto mengakui pentas duta batik lampung ini harus menjadi kebanggaan masyarakat Lampung agar ke depannya dapat menjadi lebih populer dan dikenal masyarakat luas. “Jangan hanya masyarakat di sini saja yang tahu tapis lampung. Kita juga harus membawa tapis ini ke kancah internasional,” kata dia.**(dbs/Lpc)

 3,304 total views,  4 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here