Gemalampung.com, Tulang Bawang – Sejumlah kegiatan memperingati Hari Kartini Ke-138 tahun 2017, digelar cukup meriah di Kabupaten Tulang Bawang, Rabu 19 April 2017, bertempat di Gedung Serba Guna Tulang Bawang.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantara lomba Keserasian Kebaya Kartini dengan peserta kaum perempuan dari pengurus dan anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Satuan Kerja Pemkab dan Forkopimda Tulang Bawang, kemudian potong tumpeng memperingati Hari Kartini yang dipimpin oleh Penasehat GOW sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Tulang Bawang Erna Hanan A Rozak.

Selain itu, dalam kegiatan peringatan Hari Kartini tersebut, juga hadir Bupati Tulang Bawang yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Drs. Sobri.,MM, serta hadir unsur Forkopimda, sejumlah pejabat Pemkab, Camat, dan berbagai elemen masyarakat lainnya di Kabupaten Tulang Bawang.

Sekdakab Tulang Bawang Sobri mengatakan, emansipasi wanita yang dipelopori oleh Raden Ajeng (RA) Kartini telah membawa dampak besar terhadap perkembangan peran dan kedudukan kaum perempuan hingga saat ini.

“Dengan adanya emansipasi yang diperjuangkan RA Kartini, ‘Habis Gelap, Terbitlah Terang’. Kartini sekarang sudah ada dimana-mana dan bisa kemana-mana, (kaum perempuan) tidak lagi dipingit seperti dulu,” kata Sekdakab.

Baca Juga :  Andi Surya Award : Aris Guru SD Terfavorit di Tulang Bawang Terima Penghargaan

Lebih lanjut ungkapnya, peringatan Hari RA Kartini diharapkan dapat menjadi momentum yang selalu dapat menginspirasi kebangkitan kaum wanita Indonesia menjadi lebih baik lagi.

“Peringatan Hari Kartini yang kita peringati setiap tahun hendaknya dijadikan sebagai semangat bagi wanita untuk terus bangkit menuju wanita Indonesia yang bermartabat. Sebuah Bangsa akan maju tergantung pada kualitas perempuan, dan dibalik suksesnya sebuah keluarga akan ada perempuan yang kuat dan tabah memikul beban, baik sebagai seorang istri, seorang ibu, seorang karyawati dan seorang masyarakat yang baik dan berkepribadian,” ujar Sekdakab.

Karena itu, Sekdakab berharap agar kaum perempuan di Kabupaten Tulang Bawang juga dapat terus berupaya meningkatkan perannya dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan Negara, namun tetap dengan tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita.

“Dalam kaitan pembangunan di Kabupaten Tulang Bawang khususnya pemberdayaan perempuan, banyak program pembangunan yang harus menjadi fokus dan membutuhkan partisipasi dari kaum perempuan untuk menjadi motor penggerak. Antara lain bagaimana upaya untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, menurunkan angka kematian ibu melahirkan (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), pendidikan, kelestarian lingkungan hidup, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Hasil Pemeriksaan BPK RI, Keuangan Pemda Tulang Bawang Klaster Sedang

Sedangkan atas peran aktif kaum perempuan dalam pembangunan selama ini, atas nama Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, Sekdakab juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan, serta berharap agar ke depan peran dan kontribusi kamum perempuan dapat terus ditingkatkan.

Selain itu, sejalan dengan tema peringatan Hari RA Kartini tahun ini, yaitu “Dengan Semangat Kartini Memperkuat Daya Cipta dan Kreatifitas Perempuan Kekinian”, Penasehat GOW Erna Hanan berharap agar kaum perempuan di Kabupaten Tulang Bawang hendaknya selalu kritis dalam melihat isu-isu yang sedang berkembang dalam masyarakat dan membuat penyelesaian secara antisipasif.

“Kita tidak bisa tinggal diam melihat kemerosotan moral yang terjadi saat ini seperti kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak. Kiranya kita tetap bersatu dan berpartisipasi bagi bangsa kita sendiri. Rasa percaya diri, akan membawa dampak yang positif bagi masyarakat sehingga kita tetap berjaya di negara kita,” tandasnya. (d)

Dilansir : Web Tuba

 832 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here