Gemalampung.com | Fakta, Akurat Dan Terpercay ta

PRINGSEWU | Sebanyak lima calon kepala pekon di Pekon Waringinsari Timur, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu, mengikuti Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) serentak tahun 2022 secara e-Voting.

Tugiyo, Ketua Panitia mengatakan, dari lima calon Kepekon tersebut, salah satunya merupakan calon petahana /incumbent.

“Calon nomor urut 1 Sucipto, kemudian calon nomor urut 2 Sugiyanto, selanjutnya petahana /incumbent Ali Mustafa di nomor urut 3, lalu calon nomor urut 4 Umarudin, dan calon nomor 5 yakni seorang perempuan Eni Nurhayati,” ungkap Tugiyo saat ditemui di sela-sela acara, Rabu (18/5).

Selain itu, pihaknya telah menyiapkan delapan (8) tempat pemungutan suara (TPS) dengan 3929 daftar pemilih tetap (DPT), dan lokasi TPS Induk berada di balai pekon setempat.

Baca Juga :  Tingkatkan Produktifitas Kopi, Dinas Perkebunan Way Kanan Lakukan Pendampingan ke Petani

“Khusus untuk para calon Kapekon memilih di TPS Induk. Selain itu mereka (calon kapekon, red) juga kami pajang seperti manten (pengantin, red),” jelasnya.

Berdasarkan pantauan media ini, pembukaan dimulai pukul 08.00 WIB, dengan berita acara e-Voting tahap pertama, kemudian dilanjutkan dengan registrasi.

Kemudian, untuk alur pemilihan, masyarakat datang ke TPS masing-masing, dengan membawa surat undangan pemilihan dan KTP untuk diserahkan ke panitia untuk melakukan registrasi. Dan setelah itu dipanggil untuk memilih di bilik TPS.

“Usai memilih di bilik, pemilih melakukan selfie sebagai pengganti tinta sebagai tanda sudah menggunaakn hak suara,”lanjutnya.

Eni Nurhayati, Calon Kapekon nomor urut 5 mengatakan, majunya ia dalam pertarungan kepala pekon di Waringinsari Timur karena ingin memajukan pekonnya menjadi lebih baik lagi. “Selain itu, majunya saya dari kalangan perempuan sebagai wujud emansipasi wanita,” ucap Eni.

Baca Juga :  SUHARTO SOSOK PAHLAWAN MASA KINI, MENDIDIK ANAK-ANAK SANGGAR BELAJAR

Di sisi lain, Ali Mustafa yang merupakan Calon incumbent berharap dirinya terpilih lagi menjadi kepala pekon untuk kedua kalinya. “Yang jelas saya ingin meneruskan angan-angan yang sempat tertunda karena ada covid,” ungkap Ali.

Terpisah, Plh Camat Adiluwih Lasmini mengatakan, di Kecamatan Adiluwih, ada dua pekon yang mengikuti Pilkakon, yakni Pekon Sinar Waya dan Waringinsari Timur.

“Sejauh ini pelaksanaan secara e-Voting masih berjalan dengan lancar. Semoga sampai proses penghitungan suara tidak ada kendala,” tandasnya.

Editor : (Redaksi)

 216 total views,  4 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here