Keterangan Foto : Ketua KKM Way Balak, Bambang Irawan, Pekon Sukaratu, Kecamatan Pagelaran.

PRINGSEWU | Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), merupakan salah satu program dan aksi nyata pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 

Keterangan Foto : Ketua KKM Way Balak Pekon Sukaratu, Kecamatan Pagelaran, Bambang Irawan.

Selain itu juga, secara umum program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan akses  layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan. Seperti di Pekon Sukaratu, Kecamatan Pagelaran, Pamsimas disana menyalurkan untuk masyarakat di Dusun 5 Tirtasari 1, yang saat ini sedang dalam proses pelaksanaan pembangunan fisiknya.

Ketua Kordinator Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Bambang Irawan, mengatakan, Pekon Sukaratu minim sekali dengan air bersih dan sangat terbatas dikarenakan dulu hampir semua di Dusun 5 Tirtasari ini digunakan sebagai kolam lele.

” Sehingga berdampak mengakibat kan resapan air nya kurang bagus, makanya kami carikan tempat yang bagus untuk kebutuhan air bersih sehari-hari bagi masyarakat,” ungkap Bambang, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga :  Pembangunan di Bidang Infrastruktur jadi Skala Prioritas pada Musrenbang Kecamatan Banyumas

Pembangunan Pamsimas ini sendiri menggunakan APBN sebesar Rp 245.000.000, dari APBDES/desa sebesar Rp 35.000.000, inkin/swadaya masyarakat sebesar Rp 56.000.000,dan inkes nya Rp 14.000.000.

“Untuk inkes sendiri kita ambil dari kas dusun,” ungkapnya.

Nantinya, Pamsimas ini untuk disalurkan kepada 105 kepala keluarga (KK), sementara ini yang sudah daftar 35 KK.

“Karena kapasitas debit air hanya tersedia 18 kubik maka kami hanya bisa memenuhi 56 titik di karenakan juga jarak nya terlalu jauh sehingga distribusi nya nanti kurang lancar,” tambahnya.

Ia mengatakan, untuk pengelolaannya nanti akan diserahkan kepada swadaya masyarakat itu sendiri.

Baca Juga :  Inspektorat Klarifikasi Terkait Dugaan Penyimpangan Alokasi Dana Pekon (ADP) dan Dana Desa (DD) tahun 2017

“Jika nanti sudah berjalan dan sudah tersalurkan semua nanti kami akan serah kan ke masyarakat setempat untuk mengolah nya mungkin kalau dari pihak pekon hanya melakukan pembinaannya saja,” lanjutnya.

Ia berharap, masyarakat Dusun 5 Tirtasari bisa menikmati hasil dari pembangunan pemerintah agar bisa menggunakannya semaksimal mungkin.

“Dan bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri bisa mendapatkan air bersih yang mencukupi dan higienis dan bisa menjamin kebersihannya,” kata dia.

Terpisah, Lela, masyarakat Dusun 5 mengatakan program Pamsimas sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Itu sangat membantu masyarakar karena kan setiap hari kami pasti membutuhkan air bersih apa lagi pada saat musim kemarau itu sangat mmbantu sekali,” pungkasnya.

Editor : (Redaksi)

 110 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here