PRINGSEWU | Kabupaten Pringsewu patut berbangga  atas capaian yang diperoleh Pekon Banyuwangi Kecamatan Banyumas menempati posisi pertama dalam penetapan peringkat  desa terbaik bidang pembangunan dan pemberdayaan  tingkat propinsi Lampung  tahun 2018, Pekon Banyuwangi memperoleh peringkat pertama Desa Terbaik dalam kategori prakarsa dan inovasi dengan perolehan nilai 97,5. Nilai tersebut lebih unggul dari desa perwakilan kabupaten lain yaitu desa Titiwangi Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan yang menempati peringkat kedua dengan nilai 91,25 dan peringkat ke tiga ditempati oleh desa Sukajaya Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat. Hal ini tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa provinsi Lampung tanggal 24 September 2018 Nomor 188/94/V.12/2018 tentang penetapan peringkat desa terbaik tingkat provinsi Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

foto : Pendidikan Sekolah Tehnik Desa Pekon Banyuwangi, Kec. Banyumas, Pringsewu

Ketua Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Aslam Ramadhan mengatakan keberhasilan pekon Banyuwangi mengungguli pekon/desa karena mempunyai konsep Sekolah Tekhnik Desa dimana konsep tersebut sebagai salah satu cara menciptakan kader pekon dalam upaya mengoptimalkan perencanaan pembangunan yang lebih sesuai dengan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik seperti partisipatif, transparan dan akuntabilitas. Senin, (2/10)

Baca Juga :  Sarat Penyimpangan, Pengelolaan Dana BOS Kinerja SDN Banjar Sari Tak Sesuai Juknis

“Sebenarnya dasar pemikiran kami sederhana, dimana dalam pembangunan desa yang menggunakan anggaran dari Dana Desa dalam pelaksaanya harus sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku, minimnya sumber daya manusia mendorong kami membuat program Sekolah Tehnik Desa untuk menciptakan kader yang mempunyai kemampuan dalam pembangunan desa yang berkelanjutan, “ papar Aslam.

Dan ternyata lanjut Aslan program inovasi kami mendapat penilaian positif sehingga kami dipercaya untuk mewakili kabupaten Pringsewu pada penilaian tingkat propinsi  Lampung, “Ditingkat propinsi Lampung, pekon Bayuwangi dengan Program “Sekolah Tekhnik Desa” menempati posisi pertama desa terbaik dalam kategori prakarsa dan inovasi,  dan akan mewakili Propinsi Lampung untuk tingkat nasional,” Paparnya.

Baca Juga :  Cegah Virus Corona Bhabinkamtibmas dan Babinsa Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Ditempat terpisah, Kepala Pekon Banyuwangi Turyono mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang diperoleh pekonnya yang menempati posisi pertama dalam penetapan peringkat  desa terbaik bidang pembangunan dan pemberdayaan  tingkat propinsi Lampung  tahun 2018.

“ Pencapaian ini tentunya tidak lepas dari peran masyarakat, aparatur pekon Banyuwangi serta dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu, untuk tingkat nasional nanti, kami akan berusaha semaksimal mungkin agar bisa menjadi kebaggaan serta membawa nama harum daerah Pringsewu dan Lampung,” Pungkasnya.(rls/vj)

 2,095 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here