Jumat, Februari 23, 2024
BERITA TERKINILAMPUNGPringsewu

Pekon Sekarang Harus Terapkan Siskeudes Secara Online.

GemalampungNews.com| Pringsewu – Bertempat di Balai Pekon Sukoharjo III Kecamatan Sukoharjo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu menggelar sosialisasi tentang perencanaan penetapan sistem keuangan desa (Siskeudes) secara online, Sabtu (28/04)

Acara diikuti Sekretaris Desa (Carik) dan juga para tenaga operator dari berbagai pekon di Kecamatan Sukoharjo. Kabid Pembangunan dan Pengembangan pada Dinas PMP Kabupaten Pringsewu Tri Haryono mengatakan, kalau sistem tersebut bertujuan supaya pengelolaan keuangan bisa lebih transparan, efektif dan efisien baik dalam kinerja kerja maupun pertanggung jawaban laporan dari dana yang dikelola.

Baca Juga :  Sat Reskrim Polres Lampung Barat Berhasil Ungkap Kasus Perjudian

“Saya berharap, penerapan Siskeudes online ini sudah bisa berjalan sebelum pencairan DD untuk tahap kedua di tahun ini,” pintanya.

Tri menambahkan kalau aplikasi Siskeudes merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan(BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

Aplikasi sistem keuangan desa sebut Tri mengakomodir seluruh regulasi keuangan desa dan dirancang secara terintegrasi mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan. Dimana, lanjut Tri secara umum, output aplikasi sistem keuangan desa adalah dokumen perencanaan, dokumen penganggaran, dokumen penatausahaan dan laporan-laporan tingkat desa dan tingkat kabupaten.

Baca Juga :  Polres Tanggamus Tegaskan Pelapor Dugaan Penipuan Jual Beli Tanah Tahu Bahwa Tanah Yang Dibelinya Sengketa

“Ini sebagai bentuk komitmen bersama bahwa untuk menjamin penatausahaan dan pengelolaan keuangan desa ini benar–benar akurat. Saya berharap kepada aparatur pemerintahan desa berkaitan dengan operator Siskeudes, dimana tupoksi kepala urusan perencanaan sebagai operator penyusunan APBDes sedangkan kepala urusan keuangan sebagai operator penataan keuangan desa,” imbuhnya (VJ)

Loading

Bagaimana tanggapan anda?

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *