GemalampungNews.com, Pringsewu – Pekon Banyuwangi memiliki potensi wisata yang belum tergarap, salah satunya adalah potensi wisata Embung Pekon Banyuwangi Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu yang letaknya tidak begitu jauh dari pusat pemukiman warga, Embung tersebut memiliki pemandangan alam yang ada disekelilingnya.

Embung di pekon Banyuwangi tersebut dibangun sejak tahun 2014 dengan luas kurang lebih 1 Hektar, sedangkan untuk menuju ke lokasi Embung tidak begitu jauh dari jalan raya sekitar 200 meter sudah bisa sampai dilokasi, menurut keterangan salah satu Perangkat Pekon Aslam Ramadhan saat memberikan keterangan kepada media GemalampungNews.com, Rabu (13/12),sangat berharap embung yang ada di pekon Banyuwangi bisa menjadi potensi wisata juga bisa menghasilkan pendapatan untuk pekon itu sendiri.

Baca Juga :  Dugaan Money Politik Pada Pemilu 2019, Caleg PKS Dilaporkan ke Panwascam Pringsewu

“Selama ini, pemanfaatan embung sendiri untuk hanya mendukung pertanian warga, sedangkan kebanyakan pengunjung yang datang hanya pemancing saja. Padahal, bila dikelola dengan baik dan yakin akan menghasilkan pendapatan bagi Pekon dengan memanfaatkan potensi yang ada”. terangnya Aslan.

Menurutnya, bila embung tersebut menjadi tempat wisata ada beberapa pengembangan bisa dilakukan dari sisi kuliner dan hiburan. Bisa ditambahkan perahu atau dibuat spot foto tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri. Hanya saja, hal itu membutuhkan kreativitas dari pengelola dan pihak yang berwenang juga dukungan penuh dari pihak pemerintah daerah.

Baca Juga :  KPU Pringsewu Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019

Sementara itu, Kepala Pekon Turyono mengaku sangat berharap jika lokasi embung tersebut dijadikan lokasi untuk wisata. Yang jelas, warga bisa memanfaatkannya untuk berjualan makanan dan minuman. Tentu akan ada efek positif bagi bagi warga dengan kunjungan dari para wisatawan luar daerah maupun dalam daerah, bahkan juga pekon bisa menghasilkan pendapatan asli pekon.

“Sangat berharap pekon Banyuwangi bisa memanfaatkan potensi yang sudah ada, juga pemerintah daerah bisa mendukung embung tersebut dijadikan tempat wisata”pungkasnya Turyono. (VJ)

 1,154 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here