Way Kanan —Bertempat di Ruang Rapat Utama Pemkab Way Kanan, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP bersama Dandim 0427/Wk, Letkol Inf. Anak Agung Gede Rama, CP, S.Sos.,M.Tr (Han), Waka Polres Way Kanan, Kompol Zainuri Fachry dan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab, Selan, S.Sos.,M.M memimpin Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Komponen Cadangan (KOMCAD) Tahun 2022, Senin (18/04/2022) yang dihadiri secara langsung oleh para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Inspektur Daerah Kabupaten, Sekretaris DPRD, Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kepala Bagian Setdakab dan RSUD ZAPA serta dihadiri secara virtual oleh para Camat se-Kabupaten Way Kanan dan unsur/staff Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Dalam arahannya, Sekda Saipul mengatakan bahwa terkait dengan Penerimaan Personel Komponen Cadangan (KOMCAD) Tahun 2022 di Kabupaten Way Kanan, dihimbau kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah baik PNS mapun PTHLS yang masuk dalam kriteria usia untuk dapat mengikuti pendaftaran tersebut, sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, selain itu juga diintruksikan kepada SKPD terkait untuk mendukung program pembentukan Kampung Pancasila.

Baca Juga :  Salurkan BST APBD Tahap III, Bupati Way Kanan Minta Masyarakat Terapkan 4M

Dandim 0427/Wk dalam paparannya menyampaikan bahwa maksud dari pembentukan Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2022 yaitu untuk memberikan gambaran tentang rencana pembentukan Komponen Cadangan Matra Darat, Laut dan Udara Hanneg Tahun 2022 sebagai bagian dari Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta. Sedangkan Tujuannya yaitu agar dalam pelaksanaan rekrutmen pembentukan Komponen Cadangan Matra, Lajt dan Udara Hanneg Tahun 2022 dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Berdasarkan Permenhan Nomor 3 Tahun 2021 tetang Pembentukan, Penetapan dan Pembinaan KOMCAD, dijelaskan bahwa Komponen Cadangnan merupakan Sumber Daya Nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama, dengan Sumber Daya Nasional terdiri dari Warna Negara, Sumber Daya Alam, Sumber Daya Buatan dan Sarana dan Prasarana, dengan pengelompokan Komcad menjadi Komcad Matra Darat, Komcad Matra Laut dan Komcad Matra Udara.

Baca Juga :  Bentuk Komitmen Bersama, Bupati Adipati Terima Penghargaan KLA Kategori Nindya Tahun 2022

Komcad digunakan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama dalam menghadapi ancaman Militer dan Hibrida, dengan Pengelolaan terdiri dari Pembentukan dan Penetapan, Pembinaan serta Penggunaan dan Pengembalian. Personel Komcad pada masa aktif mendapatkan hak-hak berupa Uang saku selama pelatihan, Tunjangnan operasi pada saat mobilisasi, Rawatan Kesehatan, Perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian serta Penghargaan. Personel Komcad juga memiliki kewajiban berupa Setia dan taat pada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI, Menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa, Menaati ketentuan Per UU, Melaksanakan tugas dengan penuh pengabdian, kejujuran, kesadaran dan tanggungjawab, Menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap, perilaku, ucapan dan tindakan kepada setiap orang, Mengikuti pelatihan penyegaran serta Memenuhi panggilan mobilisasi.

 

 278 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here