Pringsewu | Pemerintah Kabupaten Pringsewu Deklarasikan Open Defecation Free (ODF), Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Advocacy Horizontal Learning (AHL) dan Aliansi Kota/Kabupaten Peduli Sanitasi (AKKOPSI). Acara yang berlangsung dilapangan Pemda Pringsewu yang diikuti OPD Pringsewu, USPIKA, Kepala Pekon serta Bersama Yayasan Konservasi Way Seputih(YKWS). Pada acara Gelaran Deklarasi Open Defecation Free (ODF) tersebut bertujuan untuk menerapkan pola hidup sehat melalui sanitasi air bersih dan layak bagi masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Pringsewu, Senin (14/5).

Acara di hadiri Bupati Pringsewu H.Sujadi, Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., Juga dari Ditjen Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI dr.Imran Agus Nurali, Sp.K.O., Kasubdit Sanitasi Direktorat Perkotim Kementerian Bappenas Ir.R.Laisa, .M.Med., S.C., Kasubdit Pengelolaan Air Limbah Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Kementerian PU dan Perumahan Rakyat Suharsono Adi Broto, S.T., M.M., Pjs Gubernur Lampung yang diwakili Direktur RSUD dr.Abdul Moeloek dr. Patdilangga bersama jajaran Pemerintah Provinsi Lampung,Direktur Eksekutif AKKOPSI Josrizal Zain, perwakilan Pemkot Cimahi dan Pemkab Malang, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pringsewu Hi.Stiyono, S.E., Dandim 0424 Letkol Arh. Anang Hasto Utomo, Wash Advisor V4CP SNV Bambang Pujiatmoko beserta jajaran SNV dari Negeri Belanda, para pejabat Pemkab Pringsewu, perwakilan pemerintah kabupaten kota se-Provinsi Lampung.

Baca Juga :  WABUP PRINGSEWU HADIRI PENGAJIAN AKBAR DI PRINGSEWU SELATAN

Dalam Sambutannya Bupati Pringsewu H.Sujadi Menyampaikan rasa gembira karena saat ini Kabupaten Pringsewu menjadi Kabupaten yang pertama di Sumatera juga menyandang Predikat pertama Open Defection Free(ODF) dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Sujadi juga menghimbau kepada seluruh jajaran Dinas terkait untuk selalu Memonitoring secara rutin kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Pringsewu, bahwasannya ODF adalah langkah awal menuju target sanitasi air bersih nasional di Tahun 2019 yang akan datang.

Baca Juga :  Peringati Hardiknas, IMM Umpri Gelar Seminar Nasional

“Bahwa saat ini perlu diketahui Pringsewu telah menempatkan posisi sebagai Kabupaten ODF yang pertama kali, bukan hanya di Provinsi Lampung bahkan juga menjadi yang pertama di Pulau Sumatera ini. Tentunya saya butuh dukungan dari berbagai kalangan masyarakat yang ada di Kabupaten Pringsewu untuk mewujudkan pringsewu sehat dan bersih”ucapnya Sujadi.

Hal senada yang di sampaikan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Dr.Imran Agus Nurali, Sp.K.O, saat dalam memberikan sambutanya, menuturkan bahwa Kabupaten Pringsewu adalah satu-satunya yang di pulau sumatra yang baru mendeklarasikan bebas dari buang air besar sembarangan.

“untuk masyarakat sudah bisa memahami untuk melakukan pola hidup yang sehat, bahkan Ini juga harus menjadi contoh untuk Kabupaten-kabupaten lainnya yang ada di propinsi Lampung bahkan tingkat Nasional”tuturnya.**(vijay/Iqbal)

 836 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here