Gemalampung.com | Fakta, Akurat Dan Terpercaya

PESAWARAN | Usai acara pembagian THR mnejelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, 11 warga Desa Padang Manis Kecamatan Waylima terkonfirmasi positif Covid-19.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa mengatakan, pada Minggu (23/5) ada penambahan 24 pasien terkonfimasi Covid-19 dan kasus terbanyak ada di Desa Padang Manis Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran.

“Terhitung sejak hari ini, terdapat 11 pasien terkonfirmasi positif di Desa Padang Manis, pasien merupakan kluster keluarga acara pembagian THR lebaran, pasien pertama beriinisial HY (55) tiba dari jakarta pada (6/5) lalu dan tinggal di Daerah Bandar Lampung setelah itu pada (10/5/) pasien melakukan kontak dengan MD warga Kedondong yang terkonfirmasi Covid-19,” katanya.

“Pada 11 Mei HY mengadakan acara khatam Quran dan pembagian THR kepada lanisa dan janda tua saat itu HY dan MD sudah terasa tidak enak basan, MD merasakan demam, kemudian perutnya tidak enak dan lidah terasa hambar, akhirnya pada 14 Mei MD cek Rapid Antigen di salah satu klinik di Gedongtataan dengan hasil positif,” katanya.

Baca Juga :  Pilkada Serentak 2020, Pasangan Dendi-Marzuki Unggul 60 Persen

“Kemudian pada tanggal 17 Mei, Nyonya HY dengan riwayat demam, mual dan lemas melakukan cek rapid antigen beserta anaknya RN (13) dengan riwayat demam, sakit kepala serta diare dan hasilnya positif,” timpalnya.

Menurutnya, Dinas Kesehatan setempat langsung melakukan swab PCR kepada para pasien yang positif dari hasil rapid antigen dan berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pada 20 Mei hasil swab PCR ketiganya dinyatakan positif covid-19.

“Mendapat informasi ini, Tim Kabupaten segera berkoordinasi dengan Puskesmas bahwa pasien tersebut sudah melakukan isolasi mandiri dirumah dan keadaannya mulai membaik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan pada 21 Mei telah terkonfirmasi sepuluh kasus positif Covid-19 yang merupakan kluster keluarga acara pembagian THR lebaran kontak erat dari Pasien Konfirmasi MD dari Kedondong dan HY dari Padang Manis.

Baca Juga :  Dalam Dua Hari Berturut-Turut, Kasus Covid-19 di Pringsewu jadi 10 Orang

“Dari sepuluh pasien sembilan diantaranya merupakan warga Desa Padang Manis dan satunya lagi merupakan warga Desa Sisodadi Kecamatan Waylima, saat ini mereka semua melakukan isolasi mandiri dirumah,” jelasnya.

“Saat ini kami sudah melakukan pemantauan nama-nama kontak erat, jika dalam waktu isolasi mandiri bergejala akan dilakukan swab antigen,” tutupnya.

Diketahui, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pesawaran berjumlah 58 pasien, dan dari 11 kecamatan, dua kecamatan berstatus zona merah Kecamatan Gedongtataan dan Waylima, sedangkan zona oranye ada tiga Kecamatan Kedondong, Tegineneng dan Negeri Katon, kemudian empat kecamatan zona kuning Kecamatan Way Khilau, Teluk Pandan, Padang Cermin dan Way Ratai, sementara untuk zona hijau Kecamatan Marga Punduh dan Punduh Pedada.

Editor : (Redaksi)

 24 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here