Gemalampung.com, Tulang Bawang – Wakil Bupati Tulang Bawang Heri Wardoyo,SH mencanangkan pelaksanaan program Gerakan Serentak Membangun Kampung (GSMK) tahun 2017, sekaligus meresmikan hasil pembangunan GSMK dan Dana Desa Tahun 2016 di wilayah kecamatan Banjar Baru.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Kampung Pancakarsa Purnajaya Kecamatan Banjar Baru, Kabupaten Tulang Bawang, Selasa (1/8/2017).

Selain Wakil Bupati, hadir pada acara itu Asisten I Sekdakab Dr. Akhmad Suharyo, Kepala DPMK/K Hamami Ria, serta sejumlah pejabat Pemkab Tulang Bawang, Forkopimda, serta Camat Banjar Baru Arianto,S.STP, Uspika, Kepala Kampung, BPK, LPM, PKK, tokoh agama dan tokoh masyarakat di wilayah kecamatan Banjar Baru.

Wakil Bupati Tulang Bawang Heri Wardoyo mengatakan, sejak dilaksanakan tahun 2013 selama lima tahun hingga 2017, program GSMK yang digulirkan Pemkab Tulang Bawang telah banyak membangun infrastruktur secara merata di seluruh kampung di Tulang Bawang. Menurutnya, sejak adanya GSMK juga telah terjadi perubahan signifikan dalam pembangunan dan kemajuan kampung, yang hasilnya telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Winarti Bertindak Sebagai Inspektur Upacara HUT Kabupaten:Pahami Hak dan Kewajiban

“Mana enak jalan di kampung dulu sama sekarang, setelah ada GSMK? Maju mana kampung dulu sama sekarang?” kata Wakil Bupati.

Sementara itu, Camat Banjar Baru Arianto menjelaskan, program GSMK yang dilaksanakan sejak tahun 2013 di 10 kampung di wilayah kecamatannya telah membangun berbagai infrastruktur, seperti jalan onderlagh, jembatan, drainase, talud, balai kampung dan lain-lain.

“Setelah GSMK tahun 2017 dicanangkan, diharapkan GSMK di kampung-kampung di kecamatan Banjar Baru dapat kembali terlaksana dengan baik. Kami tekankan agar Pokmas dalam melaksanakannya, agar berorientasi untuk membangun dan memajukan kampung,” kata Camat Banjar Baru.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kampung Pancakarsa Purnajaya, Yanto mengatakan, dengan manfaat yang telah dirasakan dari program GSMK, mewakili masyarakat di kampungnya Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tulang Bawang Ir. Hanan A Rozak.,MS dan Wakil Bupati Heri Wardoyo, atas pelaksanaan GSMK yang sudah dilaksanakan dalam 5 tahun ini. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati Tulang Bawang atas hasil program GSMK yang manfaatnya telah dirasakan masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga :  Diduga Kurang Transparan Dinas PUPR di Gruduk Kontraktor

Pencanangan GSMK tahun 2017 di kecamatan Banjar Baru ditandai dengan penyerahan rekening Pokmas GSMK dan pemukulan gong. Kemudian dirangkai, peresmian hasil pembangunan program GSMK dan Dana Desa 2016 yang ditandai penandatanganan 13 prasasti, serta peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Posyandu GSMK 2017 dan peresmian Balai Kampung Pancakarsa Purnajaya, yang dilaksanakan Wakil Bupati Tulang Bawang Heri Wardoyo.

Menurut Kepala Kampung Pancakarsa Purnajaya Bakri, Balai Kampung yang diresmikan di kampungnya dibangun dari dana GSMK tahun 2016, yang meskipun dengan dana hanya 420 juta dan swadaya masyarakat, tetapi dinilai Wakil Bupati sebagai salah satu Balai Kampung yang termegah di Tulang Bawang, bernilai milyaran rupiah. * (d)

 1,068 total views,  4 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here