Gemalampung.com | Fakta,Akurat Dan Terpercaya
PESAWARAN | Dua kandidat Balonbup-Balonwabup Kabupaten Pesawaran periode 2021-2024 secara resmi mendaftarkan diri di KPU kabupaten setempat, Jumat (40/9/2020).
Pasangan bakal calon Nasir-Rinaldi terlebih dahulu tiba mendaftar di KPU Pesawaran yang didampingi rombongan partai pengusung yakni PAN-dan Nasdem.
Disusul pasangan Dendi-Marzuki yang di dampingi dari 9 partai pendukung yaitu Partai Demokrat, PDIP, Golkar, Gerindra, PKS, PPP, Hanura, PKB, dan PBB.
Diketahui, KPU membuka masa pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati hanya tenggang tiga hari, dimulai dari Jumat-Minggu, 4-6 September 2020.
Kedua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati tersebut kemudian diberikan surat pengantar untuk dilakukan tes kesehatan jasmani dan rohani guna mengikuti tahapan berikutnya yang ditentukan oleh PKPU.
Berdasarkan pemantauan gemalampung com, prosesi pendaftaran bakal calon berlangsung dengan tertib, aman dan lancar serta dengan disiplin protokol kesehatan.
Meskipun pada pendaftaran pasangan Nasir – Rinaldi terdapat beberapa kekurangan, namun demikian secara umum telah dianggap lengkap oleh KPU Pesawaran.
Hal tersebut didasari dengan Keputusan KPU Kabupaten Pesawaran Nomor 122/HK.03.1-Kpt/1809/KPU Kab/VIII/2020 tentang persyaratan pencalonan untuk partai politik atau gabungan partai politik pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020, butir C. yakni Persyaratan Bakal Calon.
Bakal Pasangan Calon harus memenuhi persyaratan calon sebagaimana diatur dalam Pasal 4 Ayat (1) dan Ayat (2) Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota sebagaimana telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2020 dan dilengkapi dengan dokumen persyaratan calon dan persyaratan pencalonan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 42 sampai dengan Pasal 45 peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017.
“Untuk yang belum lengkap nantinya akan dilengkapi mungkin bisa melalui LO dan secara umum berkas pasangan bakal calon M. Nasir dan Rinaldi Rinara telah lengkap,” kata Yatin Putro Sugino Ketua KPU Pesawaran.
Penulis: (Nurul ikhwan)

 920 total views,  6 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here