PRINGSEWU | Salah satu tempat wisata terbaru di pinggiran Kota Pringsewu menawarkan pemandangan alam yang asri dan khas pedesaan.
Masyarakat setempat menamakannya “Sawah Viral” yang berada di RT 02, Dusun Padang Suryo II, Pekon Fajar Agung, Kecamatan Pringsewu. Sawah Viral sebenarnya hanya merupakan jalan setapak atau yang biasa disebut rabat beton yang berada di tengah-tengah areal persawahan.
Diketahui, rabat beton sepanjang 728 meter yang membentang tersebut merupakan akses untuk para petani membawa hasil bertaninya yang dibangun dari Dana Desa Pekon Fajar Agung pada tahun 2019.
Sebulan terakhir, sawah viral tersebut menjadi salah satu tempat destinasi wisata bagi kawula muda dan juga masyarakat setempat maupun dari luar Pringsewu untuk memanjakan mata dengan hamparan sawah hijau kekuningan yang sebentar lagi akan memasuki masa panen.
Anton Prastowo Kadus Padang Suryo 2 sekaligus pengelola sawah viral mengatakan, awalnya rabat beton tersebut hanya diketahui oleh penduduk setempat saja yang biasa dilalui untuk jogging pada pagi atau sore hari.
“Tempat ini kan masih baru, tadinya kan kita lihat potensi karena di Pringsewu lagi giatin destinasi wisata. Makanya kami tercetus ide untuk bagaimana caranya keberadaan sawah viral ini bisa mendatangkan penghasilan untuk masyarakat setempat,” ungkap Anton saat ditemui, Minggu (30/8/2020).
Untuk itu, masyarakat Dusun Padang Suryo 2 berinisiatif melengkapi fasilitas yang ada di sawah viral dengan membuat saung untuk beristirahat dan juga ibu-ibu diberdayakan untuk berdagang.
“Jadi saya bersama masyarakat punya ide untuk buat saung dan ibu-ibu bisa dagang. Sehingga bisa memajukan ekonomi masyarakat,” tambahnya.
Pengunjung yang datang ke sawah viral tak dipungut biaya sama sekali. Hanya perlu membayar untuk parkir. Kemudian pengunjung juga bisa menikmati berbagai jajanan kuliner yang berada di sepanjang jalan rabat beton ini sembari duduk menikmati hembusan angin.
Sisi kanan kiri rabat beton pun di hias dengan warna-warni, belum lagi disedikan tempat duduk dari ban bekas dan juga saung -saung sebagai pemanis spot berfoto. Fasilitas ini pun dibangun secara swadaya oleh masyarakat sekitar.
Adapun jarak dari Kota Pringsewu menuju sawah viral yang berada di Dusun Padang Suryo 2 ini kurang lebih hanya 10 menit perjalanan menggunakan mobil atau motor.
Penulis : (Team/Red)

 1,324 total views,  4 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here