Minggu, Juni 16, 2024
BERITA TERKINILAMPUNGMetro

Komandan Kodim 0411/KM Letkol Inf Sihono Pimpin Launching Penanaman Jagung

Gemalampung.com | Fakta, Akurat Dan Terpercaya

METRO | Komandan Kodim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. pimpin Launching penanaman jagung wujud dari pemanfaatan lahan tidur sebagai salah satu upaya ketahanan pangan di wilayah Kodim 0411/KM Korem 043/Gatam. Senin (18/07/2022).

Kegiatan yang merupakan perintah langsung dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman tersebut, dilaksanakan dengan melibatkan Forkopimda Lamteng, Fokopimcam dan elemen terkait lainnya.

Tampak hadir di lahan ketahanan pangan Kodim 0411/KM seluas 200 Hektar yang berada di Kampung Restu Buana Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah, Bupati Lamteng Musa Ahmad diwakili Kadis Pertanian Ir Krisna, Kapolres Lamteng AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya,S.I.K.,M.Si diwakili Wakapolres Kompol Poeloeng Arsa Sidaru,S.IK, M.M., Anggota DPRD Fraksi Golkar Kabupaten Lamteng Husnul Huda, Pasiter Kodim 0411/KM Kapten Chb M. Taufiek, Pasi Log Kapten Inf Gunawan, Danramil 411-08/Rumbia Kapten Ctp Sujono, Danramil jajaran Kodim 0411/KM, Danunit Intel Kodim 0411/KM Letda Arh Rahmat M., Kapolsek Rumbia Iptu Hairil Rizal,SH.MH, Camat Rumbia Eri Leonora, Ka UPTD Pertanian Kecamatan Rumbia Wayan Sulatra, Pj Kakam Restu Buana Purwanto, Ketua Persit KCK Cabang XXXI Dim 0411 Ny. Linda Sihono beserta anggota, Ketua Gapoktan Kecamatan Rumbia I Nengah Nungsi, Babinsa Kampung Restu Buana Sertu Herman, Aparatur Kampung Restu Buana, Tokoh masyarakat Ketut Sugede dan warga.

Baca Juga :  Gunakan Batu Kapur, Pembangunan Pagar Kantor Kemenag Pringsewu Berpotensi Retak

Sebelum launching dilaksanakan, semua yang hadir di lokasi mendengarkan Sambutan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman via Vicon yang isinya

“Kita sebagai anggota TNI -AD harus bisa membantu kesulitan masyarakat, apa lagi dengan adanya dampak dari wabah pandemi Covid 19, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan menjadi pengangguran”

“Saya selaku KASAD mengambil kebijakan dan memerintahkan kepada seluruh komandan satuan agar memanfaatan lahan kosong menjadi lahan produktif yang bisa dijadikan sebagai lahan pertanian yang ada di wilayah binaan”.

“Tujuannya dari penanaman jagung serentak ini adalah untuk penguatan ketahanan pangan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus mengantisipasi terjadinya krisis pangan”.

Selanjutnya dalam sambutannya Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang sudah bisa hadir dalam acara penanaman jagung perdana di Kampung Restu Buana

Baca Juga :  Wagub Lampung Minta Pedagang di Pasar Selalu Pakai Masker

“Wilayah Kecamatan Rumbia merupakan salah satu sumber pangan dengan kekayaan geografi yaitu memiliki banyak luas lahan yang bisa kita manfaatkan, maka disini TNI AD pernah melaksanakan program cetak sawah pada tahun 2016/2017,” ucapnya.

“Saya selaku Dandim 0411/KM meminta dukungan dari berbagi pihak untuk menyukseskan program ketahanan pangan yang ada di Kecamatan Rumbia, dan selanjutnya Kodim 0411/KM siap mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah dengan menjadikan sektor pertanian sebagai program strategis nasional, dengan demikian bisa mewujudkan swasembada pangan,” pungkasnya.

Usai sambutan, para hadirin bahu membahu menabur benih jagung jenis NK7328 yang memiliki keunggulan tahan hama penyakit, akar dan batang kokoh, hasil biji jagung lebih rapat, mudah dipetik serta bisa ditanam saat musim penghujan, sehingga diharapkan akan cocok pada musim tanam saat ini.

Editor : (Redaksi)

Loading

Bagaimana tanggapan anda?

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *