Gemalampung.com, Tulang Bawang – Propinsi lampung sukses menjadi tuan rumah penyelenggara perhelatan akbar nasional, peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV yang rangkaian kegiatannya dimulai sejak 6 Juli 2017, dan berlangsung meriah hingga puncaknya 15 Juli 2017.

Dalam gegap gembita peringatan Harganas yang diikuti oleh ribuan peserta dari 34 Provinsi dan kabupaten/kota se-penjuru Indonesia tersebut, Kabupaten Tulang Bawang pun tak ketinggalan ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan Harganas. Termasuk menampilkan beragam potensi daerah yang dimiliki, melalui Stand Anjungan Tulang Bawang yang berada di PKOR Way Halim Bandar Lampung, sebagai pusat lokasi kegiatan Harganas di Lampung tahun ini.
Atensi besar juga diberikan Bupati Tulang Bawang Ir. Hanan A Rozak.,MS beserta Ketua Tim Penggerak PKK Tulang Bawang Erna Hanan A Rozak, sebagai bentuk dukungan kepada Propinsi Lampung sebagai tuan rumah Harganas.
Tema yang diangkat pada peringatan Harganas XXIV Tahun 2017 ini adalah: “Dengan Harganas Kita Bangun Karakter Bangsa melalui Keluarga yang Berketahanan”.


Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana
Kabupaten Tulang Bawang menjadi satu dari sejumlah daerah se-Indonesia yang menerima penghargaan bergengsi pada peringatan Harganas XXIV 2017.
Penghargaan tersebut yaitu, Penghargaan Manggala Karya Kencana yang diserahkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulang Bawang Erna Hanan A Rozak, Jumat (14/7/2017) di lokasi acara peringatan Harganas di Lampung.

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan yang tertinggi dari pemerintah pusat melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BKKBN) kepada sosok yang dinilai memiliki dedikasi tinggi terhadap program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.
Penghargaan Manggala Karya Kencana itu sendiri, bagi Kabupaten Tulang Bawang merupakan kali kedua yang diterima. Setelah tahun 2016 lalu, penghargaan tersebut juga pernah diterima oleh Bupati Tulang Bawang Hanan A Rozak, bersama Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo.

Baca Juga :  Terkait Laporan Dugaan Pencabulan Anak, Qistosi Apresiasi Proses Hukum Polres Tulang Bawang Cukup Baik

Bupati Hadiri Acara Puncak Harganas
Puncak peringatan Harganas XXIV berlangsung cukup meriah di Lapangan PKOR Way Halim Bandar Lampung Sabtu, 15 Juli 2017.
Presiden RI Joko Widodo yang berhalangan hadir, diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani. Hadir juga pada kesempatan itu, Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, dan Ketua Umum Penggerak PKK Ibu Erni Guntarti Tjahyo Kumolo, serta Gubernur, Bupati, Walikota dan Ketua Penggerak PKK Provinsi se-Indonesia. Tak terkecuali, Bupati Tulang Bawang Hanan A Rozak juga hadir bersama Ketua Tim Penggerak PKK Tulang Bawang Erna Hanan, didampingi sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang.

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengatakan, Provinsi Lampung merasa terhormat dipercaya sebagai tuan rumah Harganas XXIV, karena dalam beberapa tahun terakhir, Propinsi Lampung sudah lama tidak menjadi tuan rumah even nasional.
Pada kesempatan itu, Gubernur juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat, khususnya kepada Bapak Presiden dan kabinet atas dukungan serta bantuan yang diberikan untuk pembangunan di Provinsi Lampung.
“Hakikat pembangunan adalah membangun manusia Indonesia seutuhnya dimulai dari satuan terkecil, yaitu kekuarga. Kita membangun infrastruktur, kita bangun sarana dan pra-sarana, tapi kembali pokoknya adalah membangun manusia Indonesia seutuhnya,” tandas Gubernur Lampung Ridho Ficardo.

Sementara itu, Menko Puan Maharani menyatakan bahwa pembangunan yang baik memerlukan kerjasama yang baik antara pusat dengan daerah. “Memang diperlukan sinergisitas yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah guna pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.
Menurutnya, pembangunan yang baik bukan hanya membangun infrastruktur, tetapi juga membangun sumberdaya manusia yang dimulai dari keluarga.
Menko Puan juga mengapresiasi pembangunan Provinsi Lampung yang berkembang cukup pesat. “Semoga acara ini bukan hanya sekedar seremonial, tapi dapat memberi manfaat yang nyata bagi masyarakat,” tandasnya.

Baca Juga :  2018 Tiuh Lesung Bakti Jaya, Utamakan Pembangunan Fisik. 


Walikota Tual Kagumi Kerajinan Tulang Bawang Stand Anjungan Kabupaten Tulang Bawang menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi oleh para peserta dan masyarakat yang datang di lokasi pelaksanaan Harganas XXIV di Propinsi Lampung 6-15 Juli 2017, yang dipusatkan di PKOR Way Halim Bandar Lampung.

Salah satu tamu istimewa yang berkunjung, diantaranya adalah Walikota Tual Propinsi Maluku, Adam Rahayaan. Kehadiran Walikota dari propinsi bagian timur Indonesia tersebut, disambut hangat oleh Bupati Tulang Bawang Hanan A Rozak, yang saat itu berada di Anjungan Tulang Bawang didampingi Sekdakab Sobri dan Asisten I Pahada Hidayat bersama sejumlah pejabat Pemkab Tulang Bawang.
Berkunjung ke Anjungan Tulang Bawang, salah satu produk daerah Tulang Bawang yang menarik perhatian Walikota Tual, Adam Rahayaan adalah kerajinan Sulam Maduaro. Ia pun terlihat memberikan apreseasi dan mengagumi Maduaro, sebagai kerajinan sulam Lampung khas asal Kabupaten Tulang Bawang.
Dalam Peringatan Harganas tahun ini yang dipusatkan di Propinsi Lampung, Maduaro memang merupakan salah satu produk unggulan daerah yang kembali dipamerkan di Anjungan Tulang Bawang. Sebelumnya, kerajinan khas Tulang Bawang ini juga telah tampil dalam berbagai event promosi kerajinan daerah, baik di tingkat propinsi hingga nasional.
Pasca menyabet penghargaan Dekranas Award 2013 dan dipercaya sebagai salah satu dari lima produk lokal katagori kriya tekstil yang berprestasi se-Indonesia, kini kreasi kain sulam Maduaro Tulang Bawang juga terus berkembang dengan berbagai model dan desain yang lebih menarik, yang diproduksi untuk pembuatan pakaian, selendang dan lain-lain. Dengan pembinaan yang terus dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Dekranasda Tulang Bawang Erna Hanan A Rozak kepada para pengrajin sulam Maduaro yang ada di Tulang Bawang,” ***(Adv)

 1,077 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here