Kamis, Mei 23, 2024
BERITA TERKINILAMPUNGMetro

RSUD Kota Metro Mendapat Kunjungan dari Kemenkes dan Tim Tumbuh Kembang RSCM

Gemalampung.com | Fakta,Akurat Dan Terpercaya
METRO | Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang diwakili oleh Dr. Ni Made Permata Laksmi dan Widyawati Tjahjadi dan tim dari tumbuh kembang RSCM yang diwakili oleh guru besar FKUI, Prof.Dr.dr.Rini SpA(K) beserta rombongan datang meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jenderal Ahmad Yani Kota Metro untuk melihat program Asuhan Terpadu Klinik Tumbuh Kembang (Aster Kumbang) di rumah sakit tersebut.
“Program ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Metro. Karena anak-anak di Kota Metro yang mengalami gangguan tumbuh kembang cukup banyak. Jadi kita luncurkan program ini,” kata Direktur RSUD Jend. A. Yani, dr. Trestyawaty Tondi Nasution. SpOG dikantornya, Sabtu.
Dikatakannya, program ini merupakan kolaborasi antara dokter anak, dokter spesialis rehab medik, fisioterapi, terapi wicara dan dokter lainya.
“Anak-anak yang mengalami gangguan dalam fase tumbuh kembang itu perlu diterapi dan dilatih, seperti misalnya bicaranya, motoriknya agar mereka bisa sembuh dan bisa mandiri. Maka itulah program ini kita luncurkan,” katanya lagi.
Nantinya, lanjut dia, tahun 2020 RSUD Jend. A. Yani akan melakukan pendampingan kepada orang tua anak yang mengalami gangguan tumbuh kembang. Yakni, melalui program Mandiri Asuhan Ahmad Yani (Madani).
“Jadi ini home program. Asuhan dari RS Ahmad Yani yang melatih orang tua dari anak-anak yang mengalami gangguan dalam fase tumbuh kembangnya supaya orang tua dirumah bisa menstimulasi anak-anaknya secara terus menerus dan setiap tiga-enam bulan sekali akan dievaluasi oleh tim Aster Kumbang ini,” ucapnya.
Ia menambahkan, berdasarkan data bayi yang dirawat di Perinatologi selama Januari sampai November 2019 terdapat 150 bayi yang memerlukan penanganan dalam tumbuh kembangnya.
“Tahun kemarin itu ada kendala dokter rehab medik kita belum punya. Nah bulan November ini dokter rehab medik yang merupakan PNS kota Metro sudah selesai sekolahnya. Mudah-mudahan ke depan bisa kita dorong lagi agar program ini terus berkembang” tambahnya.
Penulis : Anton

Loading

Bagaimana tanggapan anda?

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *