BREAKING

Senin, April 22, 2024
BERITA TERKINIDaerahLAMPUNGTanggamus

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pekon Sinar Petir Beli Bibit Anakan Sapi

TANGGAMUS | Guna memprioritaskan program pemerintah dari tingkat desa, Pekon Sinar Petir di bidang ketahanan pangan pada tahun 2022 lalu memfokuskan pada bidang peternakan, yakni penggemukan sapi.

Bahkan, saat itu pemerintah Pekon Sinar Petir yang dipimpin oleh kepala Pekon Ismail Kurdi mendapatkan apresiasi dari Pemkab Tanggamus yang disampaikan oleh Bupati Dewi Handayani. Saat itu Pemerintah Pekon Sinar Petir merangkul BUMDES Makmur Abadi.

“Waktu itu kami belikan anakan sapi sebanyak 8 ekor dan dikelola oleh BUMDES Makmur Abadi yang diketuai oleh Hiter,” kata Ismail, Senin (6/3).

Diketahui, BUMDES tersebut mulai beroperasi sejak 2021 lalu, dan memang bergerak di bidang peternakan dengan harapan bisa menjadi salah satu aset di pekon ini dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD ) dan menunjang perekonomian masyarakat.

Baca Juga :  Gubernur Arinal Hadiri Rapat Kerja Daerah I PDIP Lampung

“Saya berharap Bumdes Mekar Abadi bisa terus berkembang dan berinovasi di bidang lain, bukan hanya berhenti di bidang peternakan guna menyerap angka pengangguran yang ada di pekon ini,” harap Ismail.

Ketua Bumdes Mekar Abadi Hiter menjelaskan bahwa saat ini ada dua jenis sapi anakan yang dikelola di peternakan milik Bumdes tersebut.

“Bumdes yang kami kelola bergerak di bidang peternakan kambing dan penggemukan sapi. Sapi yang ada saat ini jenis Brahma dan jenis sapi Metal yang kami beli bibitnya dari wilayah Pringsewu,” jelas dia.

Baca Juga :  Imop dan Junaidi Bertarung Memperebutkan Posisi Ketua Resort KBPP Polri Pringsewu

Menurutnya, dipilihnya jenis sapi ini karena bisa mencapai bobot 200 sampai 250 kg per ekor. Sehingga harapannya saat Lebaran Idul Fitri mendatang daging sapi tersebut bisa dibagikan secara gratis ke masyarakat Pekon setempat.

“Nanti nya sapi-sapi yang kami pelihara akan dipotong saat menjelang lebaran idul fitri mendatang, dan akan kami bagikan ke seluruh masyarakat Sinar Petir secara gratis. Hal ini kami lakukan sebagai wujud dukungan ke pemerintah dalam menunjang ketahan pangan di pekon kami,” pungkasnya.

Editor : (Redaksi)

Loading

Bagaimana tanggapan anda?

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *