BREAKING

Sabtu, April 13, 2024
ADVERTORIALBerita IndonesiaBerita Media GlobalBerita NasionalBERITA TERKINITulang Bawang

Tulang Bawang Peringati HKN: Transformasi Kesehatan Menuju Indonesia Maju

“Melayani dengan berdaya, menjaga kesehatan untuk kemajuan bersama.”

Banjar Baru – Kesehatan menjadi fondasi utama pembangunan, dan di Kabupaten Tulang Bawang, Pejabat (PJ) Bupati Qudrotul Ikhwan memastikan bahwa transportasi budaya kerja para insan kesehatan adalah kunci untuk mewujudkan kesehatan yang optimal. Dalam puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Kampung Panca Karsa, Kecamatan Banjar Baru, Selasa (21/11/2023), PJ Bupati menyoroti pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan sebagai elemen utama dalam mengubah sistem kesehatan.

“Ini berkaitan dengan pola pikir. Pola pikir untuk melayani, baik bagi tenaga kesehatan maupun masyarakat, harus lebih berdaya dalam menjalani gaya hidup sehat,” ungkap PJ Bupati Qudrotul Ikhwan dengan tekad.

Acara HKN dihadiri oleh perwakilan tenaga kesehatan, organisasi profesi kesehatan, forkompinda, ketua DPRD, Kodim 0426 TB, Polres Tulang Bawang, Camat se-kabupaten Tulang Bawang, perwakilan Dinas Kesehatan provinsi Lampung, dan seluruh Puskesmas se-kabupaten Tulang Bawang.

Baca Juga :  Dirjen PPMD: Terus Perkuat 4 Mandat Dalam Berdesa

Sebelum memulai kegiatan HKN, seluruh peserta, termasuk masyarakat dan pejabat, turut serta dalam aksi makan buah serentak, menunjukkan kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat.

Dalam peringatan HKN ke-59 ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengusung tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju.” Transformasi ini mencakup enam pilar, seperti transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan.

PJ Bupati Qudrotul Ikhwan mengajak seluruh masyarakat Tulang Bawang untuk turut berkontribusi dalam membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, hingga lingkungan sekitar. “Transformasi bidang kesehatan yang lebih baik memerlukan kolaborasi dan sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” tegasnya.

Baca Juga :  Kasus Stunting di Pekon Nusawungu Menurun, Kakon: Kami Juga Akan Edukasi Orang Tua Anak Stunting

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang, Fatoni, menegaskan bahwa tema HKN tahun ini, yaitu “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju,” mencerminkan arah strategis dalam membawa Indonesia menuju kemajuan yang berkelanjutan. Transformasi kesehatan menjadi landasan krusial, mengingat kesehatan menjadi aspek utama dalam pembangunan bangsa yang berdaya saing.

Fatoni dengan bangga mengumumkan bahwa Kabupaten Tulang Bawang telah mencapai pencapaian istimewa dengan meraih status Universal Health Coverage (UHC). “Keberhasilan ini mencerminkan komitmen bersama untuk menyelenggarakan sistem kesehatan yang inklusif dan terjangkau dengan UHC. Ini adalah langkah besar menuju masyarakat yang sehat dan produktif,” tambahnya dengan semangat.

Loading

Bagaimana tanggapan anda?

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *